Praktikum MYOB di Lab Akuntansi (SMK/F.E)

Saat ini hampir semua lembaga pendidikan kejuruan di Indonesia seperti SMK (Sekolah Menengah Kejuruan – Akuntansi) yang dulu dikenal dengan istilah SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) telah mengajarkan aplikasi akuntansi yang terkomputerisasi. Tentunya yang mengajarkan tersebut adalah sekolah yang telah memiliki fasilitas komputer.

Ternyata tidak hanya kalangan SMK saja yang telah mengajarkan aplikasi komputer tersebut. Akademisi dan sekolah tinggal mulai dari Program Diploma 1, 2, 3, S1 juga mengajarkan aplikasi akuntansi di lab komputernya. Aplikasi yang tersebut sudah populer saat ini yang disebut dengan MYOB = Mind Your Own Business.

Hal tersebut membuat banyak sekali para penulis buku MYOB dari kalangan akademisi tersebut. Tapi sayangnya dari beberapa buku yang ditulis tersebut masih ketinggalan versinya (versi lama). Ironisnya lagi, ternyata para penulis tersebut mengajarkan versi lama dan versi yang bukan resmi. Hal ini dikarenakan minimnya informasi yang diperoleh para guru-guru dan para dosen dosen lab akuntansi di daerah daerah. Ternyata di Jakarta sendiri juga masih banyak sekolah dan lembaga pendidikan tinggi  yang mengajarkan MYOB versi lama seperti MYOB Accounting versi 13, MYOB Premier versi 7.5, MYOB Accounting Premier 2006 dll. Padahal sekarang  telah release MYOB Accounting versi 18 dan MYOB Premier versi 12.

MYOB Accounting versi 18 maupun MYOB Premier versi 12 bisa dengan mudah diperoleh installernya dengan cara men-download dari website tanpa dikenakan biaya, hanya memakan biaya kilobite pada saat download saja. Tentunya versi yang di download tersebut adalah versi Trial. MYOB versi Trial dengan versi Full version pada dasarnya isi installernya sama. Yang membedakan adalah versi full sudah memiliki nomor seri yang sudah terdaftar dan bisa di aktifkan untuk penggunaan file seterusnya. Sedangkan versi trial hanya bisa digunakan untuk setiap file yang dibuatnya selama 30 hari kedepan. Selama 30 hari kedepan jika file yang telah dibuat tersebut belum diaktifkan, maka file tersebut akan menjadi READ ONLY (bisa di buka, bisa dilihat, bisa dicetak, tetapi tidak bisa di edit lagi dan tidak bisa ditambahkan lagi transaksi berikutnya).

Hal ini yang menyebabkan banyak guru-guru dan dosen lab komputer akuntansi memutuskan masih tetap mengajarkan MYOB versi lama dan bahkan menggunakan MYOB versi yang tidak resmi ‘bajakan’.

Trik Mengajarkan MYOB Versi Baru dengan baik

Berikut ini saya berikan trik cara mengajar MYOB dengan tetap menggunakan MYOB versi Trial, MYOB versi terbaru, dan tidak mengajarkan menggunakan versi yang tidak legal.

  1. Buat soal yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat (kurang dari 30 hari harus sudah selesai)
  2. Kalau tidak memungkinkan dikarenakan pertemuannya seminggu cuma sekali, maka caranya adalah : siapkan pemenggalan-pemenggalan pertemuan sesuai dengan waktu yang  disediakan. Kalau satu kasus akan diselesaikan dalam 5 kali pertemuan, maka siapkan pemenggalan tersebut hingga 5 kali pemenggalan.
  3. Siapkan File disetiap pertemuan yang sudah di Backup (ZIP). Kerjakan pemenggalan tersebut dengan MYOB versi lama, supaya saat dibuka di MYOB versi baru akan di upgrade dan dikenali dengan jumlah hari yang masih utuh (masih 30 hari kemudian).

Dengan demikian ada beberapa keuntungan yang kita peroleh dengan menyediakan file dalam bentuk Zip disetiap pemenggalan tersebut yaitu :

  1. Kita mengajarkan MYOB versi terbaru (tidak ketinggalan)
  2. Kita tidak mengajarkan MYOB versi bajakan
  3. Kita mengajarkan bagaimana melakukan Restore Data dan Upgrade Data dari versi lama ke versi baru
  4. Kita tidak dipusingkan dengan ketidak hadiran siswa pada pertemuan sebelumnya. Karena saat melakukan restore data, otomatis keadaan data semua siswa sama. Jadi tidak ada yang aneh-2 di data sebelumnya. Control ruangan kelas lebih mudah dan tidak capek. Kalau satu data yang sama di bawa oleh siswa tersebut dari pertama kali membuat data file, maka kesalahan-2 sebelumnya akan terbawa terus. Waktu kita kebanyakan habis untuk memperbaiki dan mengajarkan kepada siswa yang datanya sudah bermasalah. Jika hal ini terulang terus, maka waktu pertemuan akan banyak terbuang.

Jika Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan pemenggalan data tersebut serta file.zip yang sudah dipisahkan per pertemuan bisa menghubungi blog myob indonesia via email ke : myob_indonesia@yahoo.com atau bisa download dari yahoogroups :  Download! Sebelum mendownload file dari milist tersebut anda harus Join terlebih dahulu dengan milist tersebut. Klik Join untuk gabung dengan milist tersebut. Lalu Download disini!

Saat ini materi pemenggalan file (file.zip) tersebut juga sudah disertakan di buku “Komputerisasi Akuntansi MYOB Perusahaan Dagang” Edisi Kedua, beserta dengan banyak contoh kasus untuk latihan dan contoh soal ujian lomba kompetensi siswa nasional tahun 2009.

Semoga informasi ini membantu bagi para Bapak/Ibu Guru dan trainer di sekolahan. Lebih aman dan lebih baik menggunakan MYOB versi Trial dan terbaru (sekarang sudah ada MYOB Accounting versi 18 dan MYOB Premier versi 12) daripada menggunakan MYOB versi lama apalagi MYOB yang digunakan tersebut adalah versi Bajakan. Installer MYOB versi terbaru (Trial) bisa di download gratis di http://myobindonesia.wordpress.com/download/

Pemenggalan Materi :

  1. Setup Awal : buat file baru, menyusun daftar akun, import daftar akun, setup pajak, setup Preferences, menentukan Linked Account
  2. Setup Awal : membuat data customer, supplier, daftar barang dagang, backup dan restore
  3. Saldo Awal : saldo awal neraca, saldo awal piutang, saldo awal utang, saldo awal persediaan barang
  4. Transaksi Pembelian, Retur Pembelian dan Laporan Pembelian
  5. Transaksi Penjualan, Retur Penjualan dan Laporan Penjualan
  6. Transaksi Penerimaan Kas (Receive Money, Receive Payments), Bank Transfer
  7. Transaksi Pengeluaran Kas (Spend Money, Pay Bills) dan Penyesuaian ke metode FIFO sebelum penyesuaian
  8. Jurnal Penyesuaian, Rekonsiliasi Bank, Pajak Penghasilan Badan
  9. Laporan Keuangan setelah penyesuaian, jurnal pembalik
  10. Tanya Jawab.

About these ads

19 comments on “Praktikum MYOB di Lab Akuntansi (SMK/F.E)

  1. pak sya minta sluruh keterangan tentang akuntansi manufaktur… sya ada tugas dr sklah
    tlong krim ke e-mail sy ya pak.. secepatnya

  2. Saya mau mendownload daftar akun yang disebutkan di buku MYOB Accounting Primer, gimana caranya Pak..

  3. Pingback: Cetak Ulang Buku “MYOB Perush Dagang” « MYOB Indonesia Blog | Software Akuntansi Terpopuler!

  4. saya ingin bertanya. icon pending di myob v.12 itu letak nya di mana ya ? saya selama ini mencari nya tapi tidak ketemu. jika ingin mengisi uang muka saya bingung karena tidak ada icon pending. bisa tolong bantu saya ?

  5. Feri,
    Icon Pending itu dikenal saat MYOB Accounting versi 8,9 dan Versi 10. Sekarang sudah ada release MYOB Accounting versi 18 dan MYOB Premier versi 12. Icon Pending tersebut dulunya ditempatkan di transaksi Enter Purchases dan Enter Sales. Sekarang ikon Pending tersebut sudah digantikan dengan pilihan Quote atau Order (di kiri atas) saat kita mengisikan transaksi Enter Sales dan Enter Purchases.

  6. mas ali saya sudah join group yang di yahoo tolong segera di approve ya mas,biar saya bisa donlod materi myobnya (buat ngajar soalnya)makasi ya mas sebelumnya

  7. pak,,ali,,salam kenal

    kita di sekolah memakai myob versi 18 yang dari australia khusus buat pendidikan,,

    resmi jg jd tidak ada periode waktunya,,tp linked account jadi ada payrollnya,,

    sebenarnya untuk anak SMK diajarkan dengan versi Australia kekurangannya apa pak? yang jelas payroll ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s