Export-Import Data ke MYOB

Untuk mempersingkat waktu implementasi aplikasi akuntansi biasanya kita sudah memiliki beberapa data master sebagai data di laporan keuangan. Data master tersebut seperti daftar akun, daftar pelanggan, daftar pemasok, daftar barang, laporan neraca sebelumnya dan data-data lainnya. Data tersebut tidak perlu di input satu persatu ke database MYOB, melainkan bisa di import sehingga mempercepat proses implementasi.

Berikut ini gambaran dan schema alur export dan import data ke MYOB :

exim di myob

Proses export dan import bisa di bagi dalam 3 kelompok :

  1. Import Data Master
  2. Import Saldo Awal
  3. Import Transaksi sehari-hari

Import data master seperti data daftar akun, daftar pajak, daftar job, daftar pelanggan, daftar supplier, daftar item, daftar termin, daftar category dan daftar awal lainnya.

Import Saldo Awal meliputi : saldo awal neraca, saldo awal job, saldo awal category, saldo awal piutang, saldo awal utang, saldo awal persediaan, saldo anggaran akun.

Import transaksi sehari-hari seperti transaksi pembelian, transaksi penjualan, transaksi pengeluaran kas, transaksi penerimaan kas, transaksi jurnal umum, transaksi pemakaian barang, transaksi retur pembelian dan penjualan dan transaksi sehari-hari lainnya.

Semua itu bisa dilakukan di MYOB. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan fasilitas ini, bahkan bermigrasi dari software akuntansi sejenis (beda merek), software akuntansi yang lebih mahal seperti oracle dan SAP, dari database biasa seperti foxpro, dan lainnya dan bahkan dari aplikasi sederhana seperti Ms. Excel.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana MYOB bisa melakukan Export dan Import data tersebut anda bisa mengikuti kelas workshop MYOB untuk materi expor dan impor tersebut di PT. NET21Plus.

About these ads

4 comments on “Export-Import Data ke MYOB

  1. Saya sudah coba dengan cara yang ada, tetapi masih belum bisa mengimport data seperti general journal dengan keterangan transaksi / data yg di import skiped, bisa lebih rinci mengenai inport data nya. trimakasih

  2. Agus Salim,
    banyak hal yang menyebabkan tidak berhasilnya suatu file bisa di export dan import. Setiap selesai import bisa dilihat log kesalahan import dan diberikan nama file : MYOBPLOG.TXT
    Silahkan lihat isi file tersebut, maka akan diinformasikan apa saja kesalahan yang sudah dilakukan.

  3. Sy sudah bisa import jurnal pembelian type item dari excel ke myob,tapi hasil jurnal di myob tanggalnya berubah utk tanggal &thn tetap tapi bln berubah ke desember,sy sudah coba berbagai cara tapi tetap aja bln nya berubah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s