Siklus MYOB di Manufaktur Periodical/Perpetual

MYOB Accounting maupun MYOB Premier tidak hanya bisa diterapkan di perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang saja. Perusahaan Industri atau dikenal dengan Manufacture, juga bisa menggunakan aplikasi MYOB Accounting maupun Premier.

Minimnya referensi tentang penggunaan aplikasi komputerisasi akuntansi untuk perusahaan industri (manufaktur) secara menyeluruh (satu kesatuan unit usaha), berikut ini di tampilkan beberapa langkah dan siklus perusahaan Industri/manufaktur jika menggunakan MYOB.

Kedepannya akan dibuatkan sebuah buku referensi yang membahas khusus untuk pengaplikasian manufaktur ini.

Penyelesaian siklus perusahaan Industri ini menekankan pada pendekatan beberapa metode pencatatan dan perhitungan harga pokok atas barang (bahan baku, bahan pembantu, barang dalam proses dan Barang Jadi).

  1. Bahan Baku, menganut pencatatan perpetual dan perhitungan persediannnya adalah aktual
  2. Bahan Pembantu, menganut pencatatan perpetual dan perhitungan persediaannya adalah aktual
  3. Barang Dalam Proses, menganut pencatatan periodikal dan perhitungan persediannya adalah estimasi (taksiran)
  4. Barang Jadi, menganut penatatan perpetual dan perhitungan persediaanya adalah aktual standard costing

Laporan keuangan yang dihasilkan adalah Periodikal seperti yang telah diajarkan di beberapa materi buku tentang perusahaan Industri, dimana ada laporan harga pokok pembuatan dan laporan laba rugi. Masih bisa mengetahui nilai Biaya Bahan Baku, Biaya Upah Langsung, Biaya Overhead Pabrik, Barang Dalam Proses Awal dan Akhir, serta Barang Jadi Awal dan Akhir.

Walaupun laporan keuangan disajikan dalam metode periodikal, akan tetapi kita masih bisa mengontrol persediaan (bahan baku, bahan pembantu dan barang jadi) secara perpetual. Kita masih bisa mengetahui dan memonitor keluar masuknya barang tersebut.

Siklus Perusahaan Industri

Siklus Perusahaan Industri

Jurnal Proses Produksi Perush Industri

Jurnal Proses Produksi Perush Industri

Penyelesaian input transaksi di Modul MYOB

Penyelesaian input transaksi di Modul MYOB

36 comments on “Siklus MYOB di Manufaktur Periodical/Perpetual

  1. Dear ALL,

    Kebetulan saya sekarang bekerja di kantor yang bergerak dalam bidang manufaktur barang2 kontruksi, dimana didalamnya banyak sekali terjadi transaksi pembelian material, jasa, dan manufakturing.
    Apakah saat ini sudah ada MYOB yang khusus diaplikasikan di perusahaan manufaktur?
    Atau dengan MYOB versi sebelumnya sudah bisa digunakan untuk perusahaan manufaktur?

    Mohon penjelasannya,

    Best Regard’s

    Manda

  2. Dear Manda,
    Pada dasarnya MYOB tidak mengeluarkan versi khusus untuk Manufaktur. Dengan MYOB yang ada sekarang ini bisa diterapkan siklus-nya untuk perusahaan manufaktur dengan beberapa cara dan triknya. Boleh tahu Manda sekarang sudah menggunakan MYOB versi berapa?

    Ali Mahmudi
    MYOB Professional Partner
    085281 222666

  3. Salam kenal Pak Ali,,
    Saya sudah mengirimkan email kpd Bapak ke alamat ali_primatechnica.co.id,,lewat akun yahoo.com saya,,namun gagal terkirim,maka saya ganti jadi ali@primatechnica.co.id,,dan terkirim,,mudah2an sampai kpd Bapak.

    Begini pak, saya sudah baca buku anda yg Konputerisasi Akuntansi MYOB untuk Perusahaan Dagang,thn 2008. Kemudian saya baca lagi buku anda yg terbitan thn. 2003, Belajar MYOB semudah mengklik mouse, lalu saya coba utk mendownload file daftar akunnya di: andipublisher.com/olate,,namun ternyata file tsb sudah tidak ada. Jadi sya mohon kepada Anda utk mengirimkannya ke alamat email saya di: ring_balamb@yahoo.com

    Saya juga mohon kepada Anda untuk mengirimkan daftar akun yang mirip seperti daftar akun yang saya minta diatas dengan perusahaan yg berbeda tapi tetap perusahaan dagang. Untuk format file bisa berekstensi .txt (notepad) atau excel. Sebagai informasi hal ini sebagai tugas Akuntansi MYOB di kampus saya UPI Bandung jurusan Pendidikan Akuntansi.

    Oya, saya sangat menantikan buku Anda selanjutnya ttg MYOB tapi untuk perusahaan Manukfaktur atau industri, atau ttg perhotelan, karena sedikit sekali buku referensi MYOB yg mempelajari hal tersebut. Saya juga sangat menantikan buku Anda ttg software Accurate.

    Saya sangat menantikan jawaban dari Anda beserta kiriman filenya. Atas perhatian Anda saya ucapkan terima kasih.

  4. Oya Pak dua lagi permintaan saya,,
    saya minta file daftar supplier, customer, dan daftar persediaan barang dagangan yang berhubungan dengan perusahaan yang Anda kasih filenya kpd saya. Terima kasih…

  5. saya mau tanya program MYOB bisa di pake secara bersamaan.. contohnya org pertama buka sales, org ke dua juga buka sales. apakah program MYOB bisa berjalan normal. Karena saya pernah temuin Program Accounting yg tidak bisa berjalan berbarengan. Jika berbarengan program akan error..

  6. Sari, Dengan menggunakan MYOB Premier anda bisa menggunakan aplikasi secara bersamaan. Misal Sari membeli MYOB Premier untuk license 3 user, maka bertiga bisa menjalankan aplikasi yg sama untuk mengakses satu data yang sama pula. Tidak akan ada error utk hal ini. Tapi kalau yang digunakan adalah MYOB Accounting, maka hanya satu orang saja yang diperkenankan untuk mengakses satu data. Jadi… HARUS menggunakan MYOB Premier utk hal itu.

  7. ASS..
    Salam kenal pak Ali,, saya mahasiswa di salah satu kampus swasta, kebetulan saya mengambil jurusan Komputer Akuntansi,, dan di semester ini mulai belajar tentang MYOB.
    Saya mau tanya pak, buku apa ya yang cocok bwt pemula,, biar sedikit membantu ??
    Terima kasih sebellumnya.

  8. Nina,
    Buku MYOB untuk pemula bisa di baca “Komputerisasi Akuntansi MYOB Perusahaan Dagang+CD Tutorial”. Cover bukunya Hitam. Buku tersebut membahas kasus perusahaan jasa dan dagang dengan pemberian contoh kasus berdasarkan voucher transaksi. Silahkan dapatkan buku tersebut di toko buku terdekat seperti gramedia.

  9. Pak Ali
    Saya mau tanya masalah DP dari customer, itu apakah bisa di pecah2 ke beberapa penjualan / invoice ? Kalau di MYOB DP yang ada langsung teraplly all di Sales pertama dan kalau lebih kecil nilainya maka akan muncul Credit.

    Pertanyaan ke dua :), apakah kita bisa buat invoice nilai minus kemudian muncul credit, dan kita apply ke open invoice? Ini untuk mengakomodir credit note atau potongan khusus ke customer. Saya buat begini bisa, tapi juga kadang tidak bisa, ketika akan apply Myob bilang Unable to apply credit. Itu kenapa ya pak kira2 penyebabnya?
    makasih banyak…

  10. Nina, diinput transaksi sehari-hari di MYOB. maka akan keluar laporan keuangannya. Setup Account-nya saja yang di sesuaikan dengan daftar akun untuk manufaktur.

  11. ass. pak ali u/ gab di milis itu kt dpt apa aja? utk up date info ttg myob bs nggak. wass.

  12. Iman Santoso, Siklus dengan metode fisik cukup mudah di MYOB. saat membuat Item List, jangan di centang pilihan I Inventory this Item. I Buy : hubungkan dengan akun Pembelian.

  13. Pak Ali, gimana cara menentukan diskon/ syarat pembayaran/ termin di dalam myob. dan apabila terjadi diskon dalam masa nya gimana cara mengentrikannya. Makasih

  14. Pak Ali, mau tanya, saya sudah memakai MYOB Accounting versi 17, apakah ada perbedaan dgn versi 18?
    Apabila saya melakukan down load untuk versi 18 nya, apakah pada saat diinstall me-replace versi 17 nya?
    Apakah MYOB accounting ini bisa digunakan untuk accounting bengkel ?

    Terima kasih

  15. pa Ali, saya mau tanya bagaimana caranya menghitung harga pokok produksi di myob+menghitung BOP’y apakah kita harus menghitung sendiri atau myob secara otomatis? apa sajakah yang harus di input agar dapat menghasilkan hp produksi+hp penjualan? saya pake myob V12plus

    Terima kasih

  16. Asslamualaikum WR WB. pak adakan buku, ebook atau artikel yang membahas tentang langkah pembukuan sampai tutup buku untuk perusahaan manufaktur dengan MYOB? jika ada saya mau pesan.

  17. apakah program mayob untuk perusahaan manufaktur/ industri itu cocok? apakah bisa dg myob v.18 untuk manufaktur dg tepat?

  18. Dear Pak Ali,,

    Saya sedang mencari accounting software untuk perusahaan manufaktur.
    Mohon Pak Ali jelaskan mengenai A – Z nya Myob, klo memang cocok dengan perusahaan saya, maka akan saya referensikan ke bos saya. Tentunya kita juga akan compare terhadap accounting software yang lain.

    Regard,

    Rudiyanto

  19. Assalamualaikum, Pa Ali dimanakah saya bisa dapatkan MYOB AccountRight Premier v 19 ? trimakasih atas batuannya.

  20. Salam Kenal, nama hon cung saya sekarang ini lagi mencoba menerapkan program MYOB pada bengkel mobil kami, kegiatan bengkel kami adalah jasa service dan spare part, ketok dan cat. mohon berikan petunjuk apakah kami lebih baik menggunakan metode perpetual atau periodik. kalau ada mohon kirimkan buku panduan lengkap untuk metode perpetual. terima kasih mohon jawaban dikirmkan ke pakalbar@yahoo.co.id.

  21. Salam kenal, saya pemula baru mencoba myob versi 17 otodidak, mau ty kenapa pengisian opening balance mulai dari Sales dan seterusnya tdk mau terrecord. Mohon bantuannya

  22. pak, apakah bisa dengan 1 raw materials menghasilkan 2 produk barang jadi sekaligus ?
    Terima Kasih..

  23. Iquid, untuk satu raw material bisa dipecah menjadi 2 barang jadi dengan menghitung sendiri nilai alokasi masing-masing barang dari satu raw material tersebut dengan cara menggunakan fasilitas transaksi Adjust Inventory. Pilih kode barang (raw material) yang digunakan dengan mengisikan quantitasnya (MINUS), dan baris kedua adalah barang yang dihasilkan pertama, dan baris ketiga adalah barang jadi kedua. isikan kuantitas dan alokasi harga pokok sesuai dengan perhitungan manual.

  24. saya mau tanya mengenai MYOB versi 15, apa bedanya dengan MYOB yang versi premier 15, dan lebih bagus yang mana ya pak, sudah itu apakah MYOB bisa dipake oleh 2 orang sekaligus, dalam penginputan jurna, dimana saya bisa mendapatkan no serial number, bila saya sudah mendownload myob dari interne

Leave a Reply

