Error Data di MYOB (Corrupted File)

Kenapa Muncul Error?

Akhir-akhir ini ada beberapa customer yang menanyakan tentang datanya yang tiba-tiba tidak bisa dibuka lagi dengan munculnya beberapa pesan seperti Error…., Termination Code….., Index …., dan lain-lain. Hal itu dimunculkan oleh MYOB karena data file MYOB (File.MYO atau FIle.PRM atau File.DAT) telah mengalami kerusakan data (corrupted) sehingga data tersebut tidak bisa dibuka kembali dikarenakan salah satu komponen data tersebut rusak yang mengganggu beberapa laporan dan data yang lainnya. Kenapa bisa muncul error dan kerusakan data tersebut?

Beberapa penyebab yang menimbulkan error tersebut diantaranya adalah :

  1. Koneksi jaringan LAN yang kurang baik, sehingga terjadinya putusnya koneksi antara komputer tempat data MYOB berada dengan komputer yang lainnya
  2. Hardisk tempat data MYOB diletakkan sudah mengalami Bad Sector
  3. Proses mematikan komputer yang tidak sesuai prosedur sedangkan kita sedang membuka data MYOB
  4. Koneksi menggunakan Wireless yang tidak stabil  yang menyebabkan terputusnya jaringan
  5. Listrik mati yang mendadak yang menyebabkan komputer kita shut down dengan tidak benar
  6. Virus yang menyerang hardisk kita

Bagaimana kalau sudah muncul seperti error diatas?

MYOB telah memfasilitasi untuk melakukan repair dan optimise jika terjadi kerusakan data tersebut. Kerusakan data bisa dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

  1. Data MYOB bisa di perbaiki sendiri dengan melakukan proses Optimise Company File
  2. Data MYOB tidak bisa diperbaiki sendiri tapi bisa di perbaiki dengan engine yang telah dimiliki oleh MYOB
  3. Data MYOB yang tidak bisa diperbaiki oleh aplikasi MYOB maupun oleh engine yang dimiliki MYOB. Artinya : data ini sudah rusak dan sudah tidak bisa di pakai lagi, dan sudah siap untuk di buang ke tempat sampah (Recycle Bin).
  4. Jika demikian anda harus melakukan Restore dari data Backup anda sebelumnya. Restore dari data Backup sebelum terjadi data rusak. Jika tidak ada data backup, anda harus membuat data baru lagi.

Bagaimana melakukan Optimise Company File?

  1. Kalau data MYOB masih bisa dibuka dari program MYOB, caranya cukup mudah, setelah terbuka command centre MYOB, lalu klik menu File, lalu klik Optimise Company File, lalu ikuti petunjuknya. Note : optimise hanya bisa dijalankan saat kita bekerja sendirian (single user only).
  2. Kalau data MYOB sudah tidak bisa dibuka dari program MYOB, maka bisa dilakukan dari menu Start (windows), pilih All Program, pilih MYOB Premier/Accounting, pilih MYOB Tools, pilih MYOB Optimisation Assistant, lalu klik Continue, lalu pilih file yang akan di optimise, selanjutnya ikuti petunjuknya sampai proses optimise selesai.

Antisipasinya Bagaimana?

  1. Lakukan Backup setiap hari, lalu simpan di media terpisah dan di komputer terpisah. Jangan mempercayakan data kita diletakkan di satu hardisk dan di satu komputer saja. Karena tidak ada jaminan hardisk di komputer tersebut akan selalu bagus.
  2. Lakukan Optimisasi rutin setiap periodik sekali, misal setiap minggu sekali. Karena salah satu fungsi optimise selain memperbaiki kerusakan ringan, juga menyusun kembali susunan database supaya lebih ramping dan lebih rapi. Seperti defragmenten di Windows.
  3. Lakukan Verifikasi setiap periodik sekali untuk mendeteksi kerusakan sedini mungkin.

 

36 comments on “Error Data di MYOB (Corrupted File)

  1. Asslm.

    Mohon maaf sebelumnya, saya adalah pemgguna MYOB versi 7.5 premier. Saya mempunyai masalah dengan data akuntansi saya dimana tiba2 data tidak bisa dipakai dan telah saya lakukan optimisasi tapi gagal.
    kepada bapak/ibu, sdr, barangkali punya solusi buat masalah saya. data tersebut sgt penting buat tugas2 saya.
    mohon tanggapan secepatnya.
    terimakasih

    hormat saya,

    budie

  2. Mas Budie, Data anda kemungkinan bisa diperbaiki dengan mengupgrade ke versi baru (legal) atau kemungkinan lainnya adalah setelah di upgrade ke versi terbaru dikirimkan ke MYOB untuk diperbaiki. Jika masih tidak bisa, terpaksa anda harus menggunakan restore data dari backup sebelumnya sebelum terjadi kerusakan. Note : perbaikan dan upgrade baru bisa dilakukan ke MYOB jika anda menggunakan MYOB yang LEGAL!

  3. saya memakai Myob Primer V11 dan disitu ada fasilitas penjualan dengan stock negative . Di preference saya contreng karena mau cepat input sales nya dan setelah dua hari saya tutup lagi fasilitasnya tidak bisa dibilang amsih ada data negatif padahal sdh saya cek dari count inventory dan semua location sdh saya cek tidak ada minusnya tetap saja your stock negative , pls adjustment,add purchases or autobuild. tes 42, tes 43
    Apa asa solusinya????.

  4. Usman,
    Untuk error semacam itu perlu dilihat dulu datanya. Kalau bisa data lama di optimise dulu. Besar kemungkinan itu dikarenakan beda regional. Sepertinya yang anda gunakan sebelumnya adalah MYOB Accounting versi 13 (Australia Release) sedangkan yang anda gunakan baru (upgrade) adalah MYOB Accounting versi 18 (Asia release). Kemungkinan ada beberapa linked yang salah dan perlu diperbaiki sebelum di upgrade. Untuk hal teknis seperti itu bisa menghubungi consultant MYOB di PT. Net21Plus.

  5. pak ali
    menyambung hal sebelumnya, data saya dr v13 sudah di optimise, no error waktu diverify di v13, dan ada 2 file lainnya yang saya gunakan dr v13 yang sama sudah saya upgrade, tetapi nggak ada errornya , memang trxnya tdak sebanyak file yg ada errornya.. mohon info/pencerahan lanjutan.. thank’s (invalid owner record.. miscalllaneous text test 21 of 49)

  6. Pak Usman,
    Anda bisa menghubungi PT Net21Plus untuk mengirimkan data dan perbaikan data tersebut. Untuk hal ini biasanya ada biaya tertentu yang dikenakan.

  7. salam sejhtera..

    Saya pengguna MYOB Premier versi 7.5 . mengapa saldo OPENING BALANCE untuk akun piutang dagang tidak sama dengan saldo CUSTOMER BALANCE (pre-convertion) , untuk detail pre-convertion per customer sudah saya cek dengan ekspor data ke excel dgn klik REPORT, account , account transaction (accrual) , lalu pilih akun piutang dagang. contoh : total piutang awal sy 63juta, pre-convertion per customer sy buat/input dgn klik balance lalu klik customer balance. sdh di input sampai customer yg trakhir. Sudah cek spti yg sy jlaskan sbelumnya. yg jadi masalah adalah terdapat OUT OF BALANCE sbesar minus 500ribu. Biasanya out of balance pasti balance jika sudah diinput pre-convertion per customernya. Mohon bantuan sarannya untuk me – nol kan out of balance yg 500rb tsb bgmn caranya. Terima kasih banyak. Gbu

  8. Siang Pak,
    perusahaan saya menggunakan myob versi 8 premier. saat saya ingin log in ke myob, tetapi muncul Comeent “e12007″ ???kira-kira itu bagaimana yah pas mengatasinya?Dan jika muncul comment tersebut harus konfirmasi ulang ke myob, baru bisa melakukan log in.

    Salam Saya
    Fanny
    PT. Danwo Steel Sejati

  9. selamat siang,
    mohon bantuannya ya.
    perusahaan kami memakai MYOB premier 7.5, saat melakukan back up data muncul pesan DM Error -3000-5049-7000-158
    dan saat optimasi company file, muncul pesan yang sama. sedangkan data di program myob masih bisa dibuka.

    Mohon bantuannya ya, karena saya mau data kita di back up.
    terimakasih

  10. Selamat siang, mohon bantuannya,
    1. saya ingin memakai periode 13 bulan dalam Myob yang bertujuan agar terlihat Pajak Komersial di perusahaan yang saya entry. tapi koq ternyata tidak ada perubahan ya? apa yg membuat beda antara 12 bulan periode dengan 13 bulan periode
    2. kemudian untuk saya akan start a new year…atau menutup th 2010 dan membuka th 2011…saya sedikit tidak faham perbedaan account list dll. mohon diberi penjelasan singkat untuk “start a new year ini”

    mohon di konfirmasikan ke email saya…terima kasih.

  11. Kenmaria, Periode 13 ditetapkan saat pertama kali membuat suatu data file baru. untuk membedakan periode 13 dengan periode lainnya (1-12) hanya memberikan simbol * (string/bintang) sebelum mengisikan tanggal disetiap transaksi yang akan dicatatnya. contoh : *31/12/2011 atau *25/01/2011. Untuk penjelasan detail tentang start a new year ini bisa membaca buku-buku referensi MYOB yang beredar dipasaran.

  12. I’ve been using MYOB for over a year. I been trying to confirm the company file but when I log in again with no internet connection, I get error 12007! Can someone help me how to solve this because all data been put on hold because we cannot input anything and i’m just about ready to ditch MYOB.

    Pls reply to my email
    thanks

  13. Selamat Siang Pak, saya Zakki yamani, saya adalah staff accounting di di salh satu PT di Kawasan EJIP Cikarng, hari ini ketika satya sedang input K data Myob Versi 12
    Tiba2 terjadi gangguan,semua program tidak ada yang bisa dibuka “Nge hang” dan karena tidak ada yang saya bisa lakukan, akhir nya kmpiter saya Restart. Tapi efek nya Myob saya tidak bisa di buka dan Ketika saya Login Ada tulisan “Index 49″
    mohon bantuan nya
    karena ini sangat urgent

  14. Selamat malam pak, saya verdina, staf administrasi di salah satu perusahaan swasta di surabaya. Di pekerjaan saya sekarang, saya bertugas mengkroscek data yg dkirimkan partner saya untuk diteliti dan diimpor ke myob saya,,tpi sudah 3 hr ini saya mengalami msalah saat impor penjualan jd data yg saya impor tidak masuk dikaremakan ERROR ‘ FOREIGN CURRENCY LINKED ACCOUNTS MISSING jd data yg saya impor tdk masuk semua sehingga saya hrs impor manual di seles register dan itu membuat jam kerja saya semakin lama krn data yg diimpor bamyak skali.. saya mohon bantuannya Pak,secepatnya trima kasih..

  15. Selamat Siang Pak, saya Bambang staf administrasi di kantor swasta di Fatmawati Jakarta Selatan, ada pesan error di MYOB Premier V 11 yang muncul ketika saya Start a New Year, yaitu :
    MYOB Premier must terminate
    Termination Code : 1209
    Important details : Error -3000 in DMNextRecord (5049:7000:160)
    padahal proses transaksi tutup buku sampai data backup tidak ada masalah.
    Kalau pesan error lainnya yang sering kali keluar, saya masih bisa mencari solusinya, tapi yang ini saya sudah menyerah.
    Saya mohon bantuannya ya pak
    Terima Kasih…

  16. salam buat para MYobers. saya mau tanya dimana saya bisa download MyOB ver 13. karena versi tersebut untuk uji kompetensi SMK didaerah saya mengajar.

    terima kasih

  17. YAPIM,
    MYOB Accounting versi 13 adalah versi “jadul”. dan tidak ada link downloadnya lagi. Kalau tempat anda masih menggunakan versi 13, berarti tempat kompetensi anda masih jadul. silahkan gunakan versi terbaru saja. Ibaratnya jaman sekarang sudah menggunakan microsoft office 2010 atau microsoft office 2007 tapi tempat anda masih mengajarkan microsoft office 98. Kalau tidak mau dicap jadul, sebaiknya ikuti perkembangan teknologi.

  18. mohon pencerahan, Apakah ada perbedaan dalam penggunaan serta fungsi antara MYOB premier12 dan V18? dan untuk depresiasi dan tax apakah sudah terhitung secara automatic di setiap akhir tahun?

  19. Interruptions to your computer due to a power failure, a power surge or a user mistakenly turning off the workstation, for example, can damage a data file. If you experience an interruption, as a safeguard, we suggest that you use the MYOB Accounting Plus Optimization Wizard to optimize your data file. Although.the Optimization Wizard is designed to make your data file more efficient, it also is capable of fixing certain types of data file corruption. We recommend that you use the Optimization Wizard on a regular basis to keep your data file operating at its peak.

  20. saya penggguna myob accounting versi 13 …
    mau nanya… kenapha myobnya tiba2 gag bsa dbuka ya… padahal sebelumnya lancar2 saja setelah diklik open ada warning unable to open file;file may be locked or in use or access privileges may be incorrect… padahal gag ada yang pake .. itu knpha?

  21. Mohon Infonya, apakah di System MYOB Premier versi 11 bisa melihat pengguna user terakhir yang merecord data di myob, karna disystem myob yg kami gunakan ada 5 user yg memakai

    Thanks
    Ris

  22. Laporan siapa yang mencatat transaksi yang mengakibatkan sebuah jurnal bisa dilihat dari menu Reports – Accounts – Transaction Journal – Customise – tetapkan tanggal – Source Journal : PIlih All, Report Field : contreng (klik) pilihan field User ID dan Session Date (tgl input) – Display. Silahkan dicoba

  23. Maaf, mohon infonya…. saya pengguna Myob V.15 satu minggu yang lalu komputer saya trouble sehinnga harus diinstal ulang. Saat ini data MYOB saya masih bisa dibuka hanya saja saya hanya bisa membacanya, saya tidak bisa menginput data keu. Setiap saya akan memasukan data muncul peringatan you must activate your company file before you are allowed to enter information. Apa yang harus saya lakukan agar data myob saya bisa digunakan lg?

    Terimakasih

  24. pak, bagaimana cara export ke excel agar tanggal setelah di expor ke excel urut dan rapih. Saya ketika menginput menggunakan settingan indonesia, kemudian send to excel dengan setingan indonesia tapi tetap tanggal transaksi ga urut,
    kemudian saya ganti settingannya ke english (united states) iya lebih rapih tapi tetap belum urut,
    terimakasih pak

  25. Terimakasih atas jawabannya kemarin…

    kalo boleh tau, sebenarnya apa yg menyebabkan data MYOB menjadi Read Only?

    Mohon jawabannya agar kedepan bisa diantisipasi.

  26. Selamat siang pak,
    Saya mau tanya. saya pengguna program MYOB versi 13, kemarin komputer saya terkena virus dan ternyata berpengaruh ke myob nya. myob nya bisa terbuka, tetapi waktu saya ingin menampilkan report, report apapun yang saya tuju tidak dapat muncul. mohon infonya pak. terima kasih

  27. Pak, kalau mau membeli buku Pak Ali Mahmudi yg Akuntansi Manufaktur dan Ukm dengan MYOB caranya gimana? Trs ini sya kan baru buat awal untuk company Profile udh selesai, udah sy masukin account listnya, trus ketika saya mau masukin transaksi di bank koq tanggalnya tidak bisa ya pak, soalnya saya mau mulai memasukkan tgl 1 agustus, yg keluar suruh conversion date dulu, kl transaksi hari ini bisa d masukkan..caranya gmn pak?? Thx….

  28. bagaimana solusinya jika myob tidak dapat menemukan file yang diperlukan untuk menjalankan fungsi kantor link nya ke excel????

  29. bagaimana ya kalo kita buka trus ada muncul “please wait white company file in confirmed” trus setelah itu muncul untuk confirm your company file dengan beberapa pilihan, solusinya bagaimana ya..???

  30. pak ali,
    boleh tau no Hp nya?
    saya ingin bertanya tentang beberapa hal tentang Myob.
    saya punya masalah besar

  31. Boleh saya bertanya..
    kebetulan saya mahasiswa, saya sedang mendapatkan mata kuliah SIAK, dan saya menggunakan MYOB Primier 12, dan disni saya dapat kendala mengenai memasukkan ( input ) nominal uang / balance pda list INCOME dan Cost Of, ketika saya isi, tampil mssg box yang berisikan berita ( Beginning balances from a previous financial year may not be changed fol P&L accounts. ) kira2 ini knpa? dan msalah di mana? laptop saya/ settingan aplikasi ?

    Terima kasih

Leave a Reply

