Q-A

Question & Answer.

Halaman ini akan digunakan untuk ajang bertanya dan menjawab seputar penggunaan MYOB di Indonesia. Silahkan sampaikan pertanyaan anda seputar penggunaan MYOB dan yang berhubungan dengan MYOB melalui “your comment“.

Berikut ini beberapa artikel yang bisa di baca seputar penggunaan di MYOB.

52 comments on “Q-A

  1. Slamat siang Mas, mau tanya, adakah training MYOB di Jakarta,jika ada, kapan dan dimana ? Dan apakah bisa download secara bebas lalu langsung dapat diaplikasikan di perusahaan ?
    Terima kasih

  2. Halo Pak, saya sudah coba download yang ada di homepage ini (versi trial ya pak ) tapi kok gagal, reportnya error reading setup initialization file..kenapa bisa error ya pak? trus cara perbaikinya gimana ? terima kasih atas petunjuknya

  3. July,
    Sebaiknya saat download pastikan kecepatan internet stabil. Jika kecepatan internet tidak stabil, maka file download akan lama di unduh dan kemungkinan berhasil 100% kecil. Jadi sebaiknya gunakan layanan internet dengan kecepatan baik untuk download sesuatu. Apalagi file download MYOB mencapai 60MB. Supaya tidak report report download, silahkan beli buku MYOB yang sudah disertakan installer cd didalamnya.

  4. selamat pagi pak, saya lagi membuat laporan keuangan untuk perusahaan dagang dengan menggunakan program aplikasi MYOB. tapi yang membuat saya heran adalah ketika saya melihat laporan keuangan yang di report MYOB ” tidak tercantum Persedian awal & akhir pada HPPnya”.

    Apa karna saya setting awalnya salah ? atau ada kendala yang lain pak?

    Mohon minta penjelasannya pak…

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  5. Romeo,
    Kalau yang anda inginkan adanya Persediaan Awal, Pembelian dan Persediaan akhir di komponen HPP, itu bisa dilakukan dengan catatan kamu menggunakan metode Periodikal atas barang. Jika menggunakan Perpetual maka otomatis HPP akan dihitung oleh software MYOB (average), dan tidak ada istilah persediaan awal/akhir. Silahkan coba buka kembali teori akuntansi untuk perusahaan dagang dengan metode periodikal dan perpetual.

  6. Selamat Siang Pak..

    Saya menggunakan Myob Premier, pada saat saya entry data di Receive Payments saya harus masukin ID#…. 6 digit, tetapi entah kenapa pada saat saya proses data tiba2 ID# tadi berubah digit jadi 3 digit di belakang, mohon bantuannya dimana yang salah proses atau kenapa ya sampai sekarang saya blm dapat solusi.. Tlg bantuannya… Trimas kasih banyak….

  7. Saya rika, saya mau tanya.. saya sudah beli buku myob, dsitu ada modul platihan, untuk data impor bisa ddonlod dsitus ini…..koq tidak ada ya?
    buku saya myob accounting premier pngarang ali mahmud penerbit grasindo…. mohon dbantu….thx

  8. Salam kenal,
    Saya mau tanya, buku & installer program MYOB apa yang paling efektif digunakan untuk koperasi ?
    Thank’s

  9. Senang rasanya bergabung dgn forum ini. Saya ada pertanyaan mengenai penerimaan uang muka dari customer (USD). Saya menggunakan MYOB Premier Accounting versi 17, saya ada masalah setelah membuat Quote saya menerima uang muka pembayaran (Quote saya ubah jadi Order), pembayaran saya setup masuk ke rekening USD. Tapi setelah saya input Down Payment melalui modul sales > receive payment dan saya cek saldo melalui bank register, pembayaran tersebut masuk ke debit dan juga credit yang artinya tidak ada uang masuk ke rekening USD tersebut. Saya jadi bingung, padahal klo saya cek di transaksi customer tidak ada masalah pembayaran yang sudah dilakukan sesuai dengan sisa yang harus dibayar. Mohon pencerahannya. Terimakasih

  10. Salam Kenal,,
    saya pengguna baru MYOB Premier,saya ingin tahu bagaimana cara mengganti $ dengan Rp?

  11. Dwi.. Kalau pakai MYOB Accounting, gantinya dari Control Panel – Regional Options di Windows. Kalau pakai MYOB Premier gunakan Multi currency dan ganti simbol seperti yang diinginkan.

  12. Bagaimana dengan potongan harga yang memiliki lebih dari 1 kali discount.
    Contoh : Discount (Potongan Harga) 15%+10% apakah dapat diinput sekaligus?

    terimakasih
    mohon infonya

  13. Salam kenal, Mohon bantuannya
    seminggu yg lalu sy mengedit transaksi purchase di bulan november, (perubahan harga), setelah sy perhatikan ternyata nilai hpp di report profit & loss tidak sama dengan nilai hpp bila dilihat detailnya. ini terjadi mulai dari bulan januari sampai sekarang. Padahal ketika saya cek di myob backup januari-november nilai hpp detail dan report di profit & loss sama. Mengapa bisa tidak sinkron begitu, mohon pencerahannya.
    Terima Kasih

  14. Selamat siang Pak Ali…

    Perusahaan saya telah menggunakan MYOB sejak Tahun 2005 dengan membeli sofware yg asli ( MYOB Premier 9 )..pertanyaannya sampai berapa lama kah sofware tsb dapat digunakan ? atau kah kita harus registrasi ulang , berapa biaya untuk registrasi ulang tsb ?

    Jika kita tanpa registrasi ulang apakah dampak yg akan terjadi ?

    mohon penjelasannya.
    Terima Kasih
    Erni.N

  15. Assalamualaikum Wr Wb
    Saya pengurus salah satu koperasi di daerah Tangerang ingin menanyakan
    apakah MYOB Accounting V18 dpt di operasikan untuk koperasi??? bagaimana pula MYOB menghitung SHU Koperasi???
    mohon penjelasannya.
    Terima kasih
    wasslamualaikum Wr Wb
    Didi W

  16. MYOB merupakan aplikasi akuntansi secara umum. Jadi untuk perhitungan khusus SHU tetap harus dilakukan secara manual selanjutnya dicatat ke database MYOB melalui Jurnal atas pembagian tersebut kepada para anggota-nya. Begitu juga untuk perhitungan bunga pinjaman untuk setiap anggota maupun non anggota.

  17. Ada yang tau g y kenapa account list d myob g da nomor 7 tapi dari nomor 6 langsung loncat ke nomor 8??
    Bagi yang tahu share dunk ilmunya, makasih..

  18. Siang Pak Ali, saya ada masalah sbb:
    Di account list saya punya account Kas IDR, Kas USD dan Kas USD Exchange.
    Saya terima pinjaman tunai dolar dari Tuan X, lalu saya akan menjurnal sbb :
    Kas USD
    Hutang
    Saat saya akan input di menu Bank – Receive Money ; di kotak pilihan Deposit to Account tdk ada pilihan Kas USD, yang ada justru Kas USD Exchange.
    Lalu saya coba input di General Journal, masalahnya sama yaitu tdk ada pilihan account Kas USD, yang ada justru Kas USD Exchange.
    Mohon Penjelasannya, terima kasih.

  19. Selamat sore Pak,

    Saya ingin bertanya apakah system myob saling berintegrasi antara satu modul dengan modul lainnya dan apakah ada software myob yang bergerak di bidang manufacturing?
    Kemudian selain modul-modul yang sudah disebutkan di dalam deskripsi system (modul accounts, banking, inventory, dll), apakah system myob mempunyai modul produksi ?

    Terima kasih

  20. Selamat pagi Pak Ali…

    Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan :

    1.Kenapa setiap report Statement of cash flow yg kita buat hasil akhirnya ( Cash the end
    of period ) hasilnya tidak sama dengan current assets yg ada di balance sheet ?
    Apakah ada kesalahan jurnal yg kita buat atau kesalahan dalam menentukan account ?

    2.Kenapa Kas Keperluan Kantor yg pada akhir periode/bulan sudah nol nilainya tapi masih muncul nilainya di Net Cash Flows from Operating Activities dengan posisi + ? ( Statement of cash flow )

    Mohon penjelasannya

    Trima Kasih
    Erni.N

  21. yth myob indonesia,
    salam kenal dan mohon bantuan untuk penjelasan,
    saya coba versi trial disini. untuk di aplikasikan di perusahaan saya yaitu perusahaan jasa angkutan truck( kami mempunyai beberapa unit truck dan pendapatannya di dapat dari pelanggan yg mengirimkan barang kepada kai untuk di angkut dgn truck kami). tapi saya mengalami kesulitan,.
    contoh kasus: di muatkan barang2 dari pelanggan ke TRUCK1 DGN no pol B 5436 BU DARI JAKARTA KEJAMBI.PELANGGAN TSB ADALAH : pt abc total 500.000
    toko buana total 4.000.000
    toko semesta total 2.500 000
    pt indah total 3.500.000
    bapak abdurahman 700.000
    dan lain2 totalnya 6.000.000

    jadi total pendapatan tsb adalah 17.000.000
    semuanya menimbulkan piutang bagi perusahaan saya.
    yg perlu di garis bawahi adalah total pendapatan tsb terbagi menjadi 2, yaitu pendapatan ekspedisi dan pendapatan truck.yang mana pendapatan ekspedis 2.000.000
    pendapatan truck 15.000.000
    jadi totalnya sama dengan total piutang di atas yaitu 17.000.000

    pertanyaan saya dimana saya input transsaksi tsb??
    karna pendapatan masing2 tsb juga masih pendapatan kotor masih dikurangi lagi dgn biaya uang jalan sopir dan pendapatang ekspedisi juga masih dikurangi lagi dng biaya bongkar muat. ths bapak mohon bantuan dan penjelasannya saya ucapkan terima kasih

  22. pak ali, mau tanya kalau ada transaksi di faktur penjualan mencantumkan uang muka penjualan, bagaimana kita mencatat uang muka tersebut sedangkan di modul sales tidak ada uang muka, hanya ada beban angkut saja

  23. saya pengurus koperasi simpan pinjam dan sudah membeli program myob v18. saya ingin membeli buku panduannya yang untuk koperasi caranya gimana

  24. Pak Ali, saya berencana utk membeli komputer server dikantor sebagai pusat data program Myob dan menghubungkannya dgn komputer2 lain yg bekerja utk menginput jurnal ke Myob. Pertanyaan saya adalah jenis server apakah yg compatible dgn Myob Premier 12 dgn Singapore Release version 12.3.0, kemudian seberapa besar RAM dan processor apa yg dpt menunjang program Myob berjalan di server tersebut? Terima kasih atas jawaban bpk.

  25. Apakah MYOB bisa menyusun laporan keuangan konsolidasi untuk perusahaan induk dan anak perusahaannya.?

  26. Siang Pak Ali,
    Saya ingin bertanya bagaimana mengatur print out dari backorder.
    Saya sdh membuka fktr dr backorder tapi saat diprint, laporan sisa back order ikut tercetak jg.
    Bagaimana cara memisahkan print fktr dengan BO?

    trima kasih

    hendra

    ps: (kalau Bpk berkenan mohon jawaban juga di cc ke hendr4_g@yahoo.com)

  27. Selamat Pagi Pak Ali,
    Saya mau bertanya tentang proses perhitungan dan pencatatan Forex dalam Currency Unrealised Gains/losses dalam multi currency. Local currency kami SGD. Sedang yang lain IDR dan USD. TOlong penjelasannya pa. Trims.
    Chris

  28. sore pak…..
    mau nanya, bisa tidak myob di pakai untuk koperasi Simpan Pinjam. . .? mkash

  29. Pagi pak…
    mau nanya, kenapa perhitungan hpp pada perusahaan dagang yang saya praktikkan berbeda dengan teori.
    contoh :
    4 * 7150 = 28.600 sementara perhitungan di myob 29409,43
    2* 2500 = 5.000 di myob 4.966,67

  30. Sista, MYOB menggunakan metode perhitungan rata-rate bergerak (current moving average) dalam menghitung harga pokok barang dagang yang dijual.

  31. Syukron, kalau untuk pencatatan masing-masing anggota bisa diakomodir di MYOB, tapi tidak untuk menghitung bunga dan jasa simpan-pinjam anggota. Perhitungan tetap dilakukan di luar sistim MYOB, dan dicatat melalui jurnal di MYOB dengan menyertakan nama-nama anggota sebagai kode Job.

  32. malam pak ali,apakah setelah proses tutup buku di tahun 2010 kita harus mengisi kembali opening balance nya untuk 2011? karena jika kita isi kembali opening balancenya, saat rekonsiliasi saldo bank jadi selisih sebesar opening balance tersebut

  33. Saya baru mempergunakan MYOB untuk perusahaan jasa dan Local currency disini menggunakan USD.
    yang ingin saya tanyakan adalah, bila ada transaksi di laporan keuangan untuk Bank salam currency IDR tapi sudah di calculate ke USD (eg. USD 1 = USD 9.068) misal Saldo Bank BNI IDR = USD 3.957 di (normal in Rp = 3.957 x 9.068 = 35.882.076)
    yang saya tanyakan, manakah yg harus saya masukan ke program MYOB? apakah dalam hiungan USD atau setelah di calculate ke Rp? (Local currency kami in USD) dengan catatan, currency di MYOB sudah di isi dengan benar (1/9.068=0,000110)

  34. saya pemakai MYOB premiere V12. apakah currency-nya tidak bisa diganti dari SGD ke Rp?? saya mencari pelatihan di Surabaya untuk perusahaan manufacturing, apakah ada recom?? thanks

  35. data myob saya tiba” berubah jadi curs dolar, lalu tanggal nya jadi urutan bulan dahulu baru tangga. awalnya tanggal dulu baru bulan
    Lalu bagaimana cara mengganti curs nya jadi rupiah lagi ??
    Pleas help me
    Thanks

  36. Malam, pak Ali,
    saya lagi coba-coba MYOB, saya untuk membiayakan persediaan itu lewat mana modul yang mana ya.., maksud saya tanpa harus lewat modul Account.
    Trimakasih, pak..

  37. salam pak ali apa kabar…
    pak mau tanya nih… mengenai kasus pembelian..contoh : 1.di order barang A 10 unit, di terima 7. Diterima barang 7 dan backorder 3, maka bagaimana proses saya untuk memasukkan di modul pembelitain ??? terima kasih

  38. saya ada problem dengan syncronize myob ke sqlserver, sebelumnya tidak ada masalah. saya melihat configurasi odbc tidak berubah. dimana saya bisa analisa kembali?

  39. Sore Pak,
    saya memakai MYOB Premier Enterprise V5, data sales saya ada yang hilang, pada backup data hari sebelumnya, data tersebut masih ada, tetapi backup data hari berikutnya mendadak hilang, pada hari tersebut sempat mati listrik di kantor. Apakah mati listrik bisa menyebabkan data hilang? yang ketahuan baru 1 transaksi saja. Mohon penjelasannya karena saya dituduh memanipulasi data. Terimakasih sebelumnya

  40. saya ingin menanyankan versi untuk MYOB Acc dan MYOB Acc Premier terupdate kini versi ke berapa ya ? dan beserta harga nya .
    terima kasih atas perhatian nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s