MYOB ASPAL (Asli tapi Palsu)

Tidak lama berselang setelah dipusingkan dengan kasus penjualan MYOB ASPAL (Asli ternyata Palsu) oleh salah satu MYOB reseller atau MYOB Konsultan di Balikpapan, yang berbuntut dengan pelaporan pihak yang dirugikan (MYOB End User yang tertipu) ke MYOB Asia, MYOB Singapore hingga MYOB Australia dan terakhir pihak Kepolisian Balikpapan. Eh, ternyata di Pekanbaru juga muncul komplain dari End User yang juga merasa dirugikan oleh kasus yang mirip dengan di Balikpapan. Untuk itu, kami coba menghimbau para MYOB Reseller dan MYOB Konsultan di Indonesia untuk tidak melakukan pelanggaran kode etik professional mereka sebagai seorang MYOB Reseller dan atau Konsultan, dengan hanya menjual produk ASLI MYOB kepada para kliennya.

Perlu diingatkan, beberapa hal berikut ini adalah ILLEGAL dan TIDAK DIPERBOLEHKAN:

  1. Menjual software MYOB tanpa menyerahkan BUKU User Guide Book, CD Installer dan Registration Form ASLI MYOB kepada End User.
  2. Menjual ulang software atau serial no MYOB yang sebelumnya telah dijual pada End User yang satu kepada End User lainnya.
  3. Menjual Data File MYOB milik End User yang satu kepada End User lainnya.

Dalam prakteknya para MYOB Reseller atau Konsultan nakal ini punya banyak cara untuk mengelabuni End User MYOB, yang sebenarnya tidak pernah sadar bahwa mereka sebenarnya telah sangat dirugikan karena telah membeli produk MYOB ASPAL.

Berikut adalah beberapa cara yang paling sering digunakan oleh para Reseller atau Konsultan nakal tersebut dalam mengelabuni End User MYOB:

  1. Menawarkan potongan penjualan yang berlebih-lebihan ke End User, jauh di bawah harga standard yang telah ditetapkan.
  2. Menawarkan pembayaran berkala, atau sistem cicilan lebih dari satu bulan atau lebih dari satu kali pembayaran.
  3. Menawarkan penjualan produk dengan jasa konsultasi atau kunjungan berkala GRATIS.

Alasan mengapa ketiga jenis tawaran tersebut perlu dicurigai adalah sebagai berikut:

  1. MYOB adalah produk jadi yang dipasarkan oleh para Reseller atau Konsultan dengan profit margin produk yang sangat terbatas kepada End User mereka. Kecuali ada pertimbangan pembelian gabungan dengan produk atau jasa lainnya, maka adalah sangat kecil kemungkinan, Reseller atau Konsultan mau menjual produk MYOB dengan harga sangat miring, apalagi dengan jasa konsultasi GRATIS.
  2. MYOB Reseller atau Konsultan umumnya harus bayar tunai di depan untuk mendapatkan produk ASLI MYOB. Dan dalam prakteknya jarang terjadi para Reseller atau Konsultan bisa mendapatkan TERM dari Distributor untuk pengambilan produk ASLI MYOB. Jadi adalah sangat kecil kemungkinan bagi Reseller untuk dapat menjual produk MYOB secara cicilan. Apalagi begitu software tersebut diregistrasi atas nama End User, Reseller butuh melewati banyak proses yang sangat sulit dan panjang untuk dapat membatalkan proses registrasi yang telah pernah dilakukan End User mereka. Karena software MYOB akan diaggap telah terjual, jika form registrasi telah terisi dan difax atau email ke MYOB Asia atau MYOB Singapore.
  3. Pendapatan utama para Reseller dan Konsultan MYOB justru pada jasa konsultasi lapangan mereka. Jadi Anda perlu curiga, jika mereka justru menawarkan jasa konsultasi gratis untuk Anda, apalagi mereka tidak memiliki hubungan khusus dengan Anda, misalnya keluarga dekat atau teman akrab.

Bagi Anda, End User, yang telah merasa dirugikan oleh praktek nakal para MYOB Reseller dan MYOB Konsultan yang tidak bertanggung jawab seperti yang dijelaskan di atas, silakan laporkan dan hubungi kami di 021-5289 1988 atau email ke: info@net21plus.com.

Berikut adalah informasi yang perlu Anda sampaikan kepada kami, guna memastikan status kepemilikan software anda:

  1. Jenis software MYOB yang dipakai. MYOB Accounting atau Premier?
  2. Serial No. MYOB yang dipakai.
  3. Nama Perusahaan Anda.
  4. Alamat Lengkap dan Nomor Telepon atau Email yang dapat kami hubungi.

4 comments on “MYOB ASPAL (Asli tapi Palsu)

  1. Ayo pak, sikatin aja reseller yang bermasalah itu. Bikin malu MYOB Indonesia aja. Menyalahgunakan wewenang sbg Reseller MYOB, salah satu bentuk dari tindakan ilegal.

  2. 1. setau saya sih MYOB Premier asli yang sekarang V11 dan V12 sudah tidak ada manual booknya.. kenapa saya bilang begitu karena kemarin saya beli langsung dari MYOB singapora yang ada di jalan Alexandra, mereka adalah Kantor Resminya MYOB akan tetapi saya tetep ndak dapet manual book-nya. apakah ini MYOB aspal? ya pastinya ASLI wong saya belinya langsung dari kantor resminya kok..
    2. Mengenai pembayaran secara cicilan – apakah ini bukan wujud dari alternatif pembiayaan? jadi si reseller memang belinya mungkin tunai ke MYOB, akan tetapi sah2 saja dong apabila reseller tersebut menjualnya secara cicilan – kan menguntungkan buat kita2 sebagai pengguna.

    yang penting kita harus pastikan saja bahwa MYOB kita teregister dengan nama PT. kita bukannya PT. orang lain – registernya gampang kok

  3. Betul Pak Rony, Pastikan formulir registrasi yang asli (kertas tebal) sudah ditangan customer (kita sendiri). jangan sampai kita menerima file yang sudah di aktivasikan tetapi formulir registrasi tidak ditangan kita sendiri.

  4. kalau mau membeli software myob yg asli kmn? bs minta contac person reseller atau kalau kantor perwakilan myob indonesia alamatnya dmn? kalau di jakarta ada ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s