MYOB ODBC – Part 1 (Pengantar)

myob-odbc-0MYOB ODBC Direct adalah driver ODBC yang disediakan oleh MYOB supaya data MYOB Anda bisa di akses (di baca / read) dari aplikasi lainnya. Hal ini diperlukan bagi yang membutuhkan yang lebih dari pada yang sudah disediakan didalam paket MYOB Accounting maupun MYOB Premier. Dengan ODBC ini anda dapat menambahkan fitur yang tidak ada di MYOB di aplikasi diluar MYOB, tetapi data keuangan (akuntansi) tetap masuk kedalam MYOB.

Beberapa laporan yang  tidak disediakan oleh MYOB, bisa anda buatkan sendiri di aplikasi terpisah dengan mengambil sumber informasi yang sudah disediakan didalam database MYOB itu sendiri. Sampai dengan diterbitkannya MYOB Accounting versi 17 dan MYOB Premier versi 11, MYOB ODBC Direct juga mengikuti perkembangannya dikarenakan ada beberapa table yang ditambahkan didalam database MYOB itu sendiri. Hingga sekarang telah di release MYOB ODBC Direct versi 7 untuk MYOB Accounting v17 & Premier v11 serta telah direlease MYOB ODBC Direct v8 untuk MYOB Accounting v18 dan Premier v12.

Salah satu kegunaan MYOB ODBC diantaranya adalah kita bisa membuatkan print voucher journal untuk semua transaksi. Dimana kita tahu kalau MYOB tidak menyediakan fasilitas Print Voucher untuk Journal (Record Journal Entry). Selain itu misalnya beberapa laporan yang spesifik yang tidak disediakan oleh MYOB bisa kita modifikasi dan kita tambahkan dengan program terpisah dari MYOB, tetapi tetap mengambil data (transaksi) yang telah dimasukkan di MYOB.

Mendaftarkan File MYOB untuk diakses

Supaya data MYOB Anda bisa dibaca secara penuh oleh MYOB ODBC Direct, maka anda harus mendaftarkan file MYOB Anda. Untuk mendaftarkan file yang akan dibaca oleh MYOB ODBC anda harus mengeluarkan sejumlah uang tertentu untuk mendapatkan nomor seri pendaftaran ODBC tersebut.

Cara mendaftarkan MYOB ODBC Akses adalah:

  1. Anda harus sudah membeli paket MYOB Accounting atau MYOB Premier terlebih dahulu.
  2. Isi formulir registrasi MYOB yang disertakan dalam paket MYOB Accounting/MYOB Premier yang anda beli dan dikirim ke MYOB.
  3. Aktifasikan terlebih dahulu data MYOB Anda.
  4. Setelah nomor seri MYOB anda terdaftar (diregistrasi) dan anda sudah mengaktifkan file MYOB, selanjutnya anda bisa menghubungi customer service MYOB di nomor telepon +603 8991 0166 (Malaysia) untuk memperoleh akses ODBC atas file Anda.
  5. Selanjutnya buka file MYOB anda, lalu buka dari menu Setup dan pilih Company Information
  6. Klik tombol License (dikiri bawah) jendela Company Information, lalu konfirmasi file anda secara online atau via telepon yang tertera didalam jendela konfirmasi tersebut.
  7. Setelah proses konfirmasi sukses, selanjutnya anda bida membaca akses ODBC anda secara penuh.

Referensi Dokumentasi MYOB ODBC

Setelah anda sukses memasang MYOB ODBC Direct Driver, anda bisa melihat dan mempelajari dokumentasi cara membaca table dan data base MYOB.

Buka dari menu Start, pilih MYOB ODBC Direct v7 MY, pilih MYOB ODBC AU Reference Documents, lalu pilih salah satu dari 4 file PDF yang sudah ditampilkan di menu tersebut

odbc-11

Mendefinisikan File Sumber ODBC

Walaupun anda belum membeli MYOB ODBC License, tetapi anda bisa mencoba-coba untuk membuat dan menghubungkan database MYOB ke aplikasi lainnya. MYOB memberikan sarana untuk mencoba dengan cara membuka file contoh yang sudah disediakan MYOB saat membuka program MYOB yaitu file Clearwater.MYO (Explore sample company).

Pada bab ini penulis akan memberikan contoh menghubungkan database contoh MYOB dan mendefinisikan file tersebut ke MYOB ODBC Driver. Untuk bisa menghubungkan file MYOB yang digunakan dengan MYOB ODBC Direct driver, anda harus mendefinisikan terlebih dahulu data source dan melakukan pemasangan Data Source Name (DSN).

Berikut ini langkah untuk mendefinisikan DSN:

  1. Buka dari menu Start dan pilih Control Panel.
    odbc2
  2. Doble klik Administrative Tools dan double klik Data Source (ODBC)
    odbc-3
  3. Jendela ODBC Data Source Administrator akan ditampilkan
    odbc-4
  4. Klik Tombol Add, akan ditampilkan jendela Create New Data Source
  5. Pilih MYOB_ODBC_MY7 dan klik Finish
  6. Jendela ODBC MYOB Setup Configuration akan ditampilkan
  7. Dibagian atas masukkan Data Source Name yang unik dan keterangan. Sebagai contoh isikan ‘Clearwater’ sebagai Data Source Name dan ‘MYOB company file’ sebagai description.
    odbc-6
  8. Didalam jendela ODBC MYOB Setup Configuration klik tombol Browse di pilihan Company File Path
  9. Jendela Select file for ODBC source akan ditampilkan, lalu cari file Clearwater.myo sebagai contoh file yang akan kita definisikan.
  10. Klik Open. Jendela ODBC Setup Configuration akan ditampilkan dengan file dan folder lengkap dari file clearwater.myo
    odbc-7
  11. User Name : isikan user name ‘Administrator’
  12. Password : MYOB memberikan contoh file Clearwater dengan password yang kosong (tanpa password). Kalau kita gunakan untuk file yang sesungguhnya maka user name dan password sesuaikan dengan password anda sendiri
    odbc-9
  13. Klik OK. Jendela ODBC Data Source Administrator akan ditampilkan
  14. Klik OK

>>>>>>>>>>   Berlanjut ke Part 2🙂

2 comments on “MYOB ODBC – Part 1 (Pengantar)

  1. Pingback: MYOB ODBC - Part 2 (Word & Excel) « | MYOB Indonesia Blog | Software Akuntansi Terbaik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s