MYOB ODBC – Part 2 (Word & Excel)

Mencoba Koneksi ODBC dan Data MYOB

Supaya yakin kalau data source yang sudah kita definisikan diatas bisa berjalan dengan ODBC Drivernya, maka kita coba melakukan koneksi atas DSN yang telah dibuat diatas.

  1. Dari menu Start (windows), pilih All Programs, pilih MYOB ODBC Direct v7 MY, lalu pilih MYOB ODBC Test Connection.
  2. Connection Type : pilih DSN
  3. Driver Name : pilih MYOB_ODBC_MY7
  4. MYOB Data Source Name (DSN) : pilih Clearwater (sesuai dengan nama DSN yang telah di definisikan sebelumnya).
  5. Klik tombol Test
  6. Informasi koneksi berhasil ditampilkan.

2021-test-connection-success

MYOB ODBC dan Microsoft Word

Untuk mengintegrasikan data MYOB (Clearwater) ke dalam aplikasi Table di Microsoft Word bisa dilakukan dengan menampilkan tollbar database di Microsoft Word. Sebagai contoh kita ingin menampilkan data customer di MYOB (Clearwater) dan ditampilkan sebagai table di Microsoft Word.

  1. Tampilkan toolbar Database dari menu View, pilih Toolbars, dan pilih Database.
  2. Jendela toolbar Database akan ditampilkan.
  3. Klik ikon Insert Database. Jendela Database akan ditampilkan.
  4. Klik tombol  Get Data. Selanjutnya akan ditampilkan jendela Select data Source (untuk Microsoft Word 2000 atau dibawahnya). Jika yang anda gunakan adalah Microsoft Word diatas 2000 maka dimunculkan jendela Open Data Source .
  5. Klik Ms Query dan lanjutkan dengan memilih Chose Data Source, pilih Clearwater* (nama DSN yang sudah didefinisikan sebelumnya). Lalu Klik OK.
  6. Selanjutnya akan ditampilkan jendela Query Wizard – Choose Columns. Semua table dan kolom yang ada didalam database MYOB akan ditampilkan. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa table sekaligus. Misalnya kita pilih table Cards, karena kita mau mengambil data card di Clearwater.MYO. Sorot table Cards, lalu klik tanda > untuk mengambil semua kolom (field) atau bisa memilih field (kolom) yang diinginkan saja. Klik Next.
  7. Selanjutnya ditampilkan Query Wizard – Filter Data. Anda bisa menentukan criteria tertentu, misalnya menentukan yang ditampilkan hanyalah Card Type ID yang sama dengan ‘C’ sebagai Customer, ‘E’ sebagai Employee dan lainnya. Klik Next.
  8. Selanjutnya dimunculkan jendela Query Wizard – Sort Order untuk pengurutan berdasarkan kolom (field) yang ditetapkan. Klik Next.
  9. Selanjutnya dimunculkan jendela Query Wizard – Finish. Ada 2 pilihan yang diberikan yaitu apakah akan kembali ke dokumen Microsoft Word, atau menampilkan data atau mengedit query di Microsoft Query.
  10. Kalau anda menginginkan menampilkan dulu di Microsoft Query
  11. Kalau anda menginginkan menampilkan dalam bentuk table di document microsoft word, maka pilih Return Data to Microsoft Word.
  12. Akan ditampilkan jendela Database, klik Insert Data… dan pilih All (Insert Records). Lalu klik OK. 

2031-query-wizard-query-1
2034-contoh-hasil-jadi-table-di-microsoft-word

MYOB ODBC dan Microsoft Excel

Cara kerja koneksi antara MYOB ODBC dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel hampir sama langkah yang dilakukan. Berikut ini diberikan langkah koneksi dan impor data MYOB (Clear Water) untuk table Acounts kedalam Excel.

  1. Buka Program Microsoft Excel, buka Sheet Baru.
  2. Buka dari menu Data, pilih Import External Data, pilih dan klik New Database Query…
  3. Di tampilkan jendela Choose Data Source, pilih Database, pilih Clearwater (DSN Name yang telah dibuatkan), klik OK
  4. dimunculkan Query Wizard – Choose Columns, pilih table yang akan di import ke microsoft excel. Klik tanda > untuk memilih kolom (field) yang diinginkan. Klik Next.
  5. dimunculkan Query Wizard – Filter Data, untuk menampilkan kriteria tertentu terhadap data (record) yang akan ditampilkan. Klik Next.
  6. dimunculkan Query Wizard – Sort Order, untuk menampilkan urutan ascending atau descending berdasarkan kolom tertentu. Klik Next.
  7. dimunculkan Query Wizard – Finish. Disediakan tiga pilihan apakah langsung mengimpor data ke Microsoft Excel, atau ke Microsoft Query atau membuat OLAP Cube. Dengan Microsoft Query kita bisa melakukan sortir atau perhitungan lagi di Query dengan menampilkan beberapa data yang dibutuhkan saja.
  8. Berikut ini contoh tampilkan di Microsoft Query dan cara menyimpan file Microsoft Query tersebut.

2046-microsoft-excel-accounts

>>>>>Berlanjut ke Part 3🙂

Part 1 (Pengantar) <<<<<

 


7 comments on “MYOB ODBC – Part 2 (Word & Excel)

  1. Pingback: MYOB ODBC - Part 1 (Pengantar) « | MYOB Indonesia Blog | Software Akuntansi Terbaik!

  2. Selamat siang Pak…
    Di kantor saya pakai MYOB Premier 12plus. saya sudah berkali-kali mencoba import database penjualan untu periode 1 bulan, dari excel sy save ke tab delimited tapi selalu gagal tetapi klw importnya 1 per 1 no. invoice berhasil. Pak tolong info bagaimana caranya saya bisa inport data penjualan dari exel yg isinya data penjualan saya selama 1 bulan ( banyak no. invoice ).
    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s