Simposium Nasional Akuntansi XII Palembang

Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) kembali melaksanakan Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XII bertempat di Palembang pada tanggal 4-6 Nopember 2009.
SNA merupakan agenda rutin IAI KAPd sejak tahun 1997 di Yogyakarta. Penyelenggaraan SNA kali ini sedikit berbeda dengan SNA sebelumnya dikarenakan SNA XII di Palembang IAI KAPd bekerjasama dengan IAI Kompartemen Akuntan Sektor Publik (IAI KASP).

Tema Simposium Nasional Akuntansi XII adalah “Peranan Akuntansi Sektor Publik Dalam Meningkatkan Akuntanbilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah”. Tema ini dipilih karena masih lambannya pertanggungjawaban keuangan daerah sehingga penyusunan laporan keuangan daerah belum dapat dilakukan oleh pemerintan daerah secara optimal dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah.

Hakekat kegiatan ini adalah untuk mengembangkan wawasan dan menambah khasanah disiplin ilmu akuntansi, memberikan wadah komunikasi ilmiah untuk memaparkan hasil penelitian (studi empiris) akuntansi dalam suatu forum ilmiah. SNA juga ditujukan untuk mengembangkan minat pendidik, mahasiswa, dan praktisi untuk melakukan penelitian dalam bidang akuntansi, mendorong perkembangan kualitas penelitian akuntansi Indonesia dan menemukan relevansi teori dan hasil riset akuntansi dalam praktik sektor swasta dan sektor publik, khususnya pemerintah daerah.

Perhelatan ilmiah ini tergolong akbar karena diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 700 orang dari kalangan masyarakat ilmiah dan praktisi bisnis dan sektor publik dari seluruh Indonesia dan juga dari mancanegara. Mereka akan mempresentasikan hasil riset akuntansi yang meliputi bidang kajian mencakup akuntansi sektor publik yang meliputi kajian tentang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi dan Auditing dan Good Governance, akuntansi keuangan yang meliputi kajian tentang Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal, Akuntansi Manajemen dan Keperilakuan, Sistem Informasi, Auditing dan Etika Profesi, Perpajakan, Pendidikan Akuntansi, Akuntansi Syariah dan Corporate Governance dan bidang vokasi.

Presentasi paper ini dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori nasional dalam bahasa Indonesia dan kategori Internasional dalam bahasa Inggris.

Simposium Nasional Akuntansi XII memiliki agenda acara sebagai berikut :

  • Keynote Speech: Gubernur Sumatera Selatan dan Ketua BPK RI.
  • Concurrent Session Kegiatan ini membahas hasil-hasil penelitian bidang akuntansi yang dinyatakan lolos atau dapat diterima untuk dipresentasikan dalam simposium, sesuai dengan bidang kajian penelitian yang ditetapkan.
  • Expert Session “Laporan Keuangan Daerah Sebagai Sarana Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah”. Acara ini membahas isu kontemporer dalam bidang akuntansi sektor publik, khususnya perkembangan paradigma akuntansi pemerintahan yang menunjukkan bahwa akuntansi tidak lagi menjadi sebuah entitas tertentu. Nara sumber dalam sesi ini adalah pakar-pakar yang membahas current issues tersebut. Direncanakan pemakalah adalah BPK RI, Bank Dunia dan Bupati Musi Rawas. Sesi ini dilaksanakan secara panel.
  • Professional Session “Pengelolaan Keuangan Sektor Publik “. Nara sumber dalam sesi ini berasal dari kalangan praktisi, khususnya pemerintah daerah dan Badan Usaha Milik Negara/Daerah. Direncanakan akan menampilkan makalah dari Bupati Muara Enim, Direktur Utama Bank Sumsel dan PT.Telkom, tbk. Sesi ini dilaksanakan secara panel.
  • Lokakarya kurikulum program Strata 1 akuntansi sektor publik.

Info lengkap hubungi :

  • Sekretaris Simposium Nasional Akuntansi 12 Palembang

Gedung PPAK ( Program Pendidikan Profesi Akuntansi ) Fakultas Ekonomi UNSRI
Jl. Srijaya Negara Bukit Besar Palembang 30139,
Telp : 0711-4242531 ( Flexi ), 0711-320241, Fax : 0711-320241
Email: sekretariat@sna12palembang.com
Website: http://www.sna12palembang.com

  • Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Palembang

Jl. Raya Palembang Prabumulih km. 32 Indralaya Palembang Sumatera Selatan
Tlp/Fax: 0711-580282

Simposium Nasional Akuntansi XII di Palembang
23-04-2009 10:54
Kategori: Info IAI

7 comments on “Simposium Nasional Akuntansi XII Palembang

  1. slamat siang…
    Saya seorang mahasiswi yang rencananya bulan 8 ini akan pengajuan judul. Dan disini saya kesulitan dalam menentukan judul buat skripsi saya. namun Dari kampus saya mengusulkan untuk mencari SNA XII agar mempermudah saya dalam pencarian judul..
    Jadi yang ingn saya tanyakan..,
    Apakah SNA XII sudah ditetapkan keluarnya tgl 4-6 september?
    dan Apakah sebelum tanggal itu kami dapat mengaksesnya?
    saya berharap Bapak/Ibu dapat mengkonfirmasikan secara cepat..
    Terimakasih…..

  2. disini saya kesulitan dalam menentukan judul buat skripsi saya. namun Dari kampus saya mengusulkan untuk mencari SNA XII agar mempermudah saya dalam pencarian judul..
    Jadi yang ingn saya tanyakan..,
    Apakah SNA XII sudah ditetapkan keluarnya tgl 4-6 september?

  3. saya lagi cari jurnal yang berhubungan dengan Total Quality Management….. soalnya saya mau mengajukan judul buat skripsi saya..

  4. gimana ya caranya buat mengakses SNA XII….soalnya saya butuh buat pengajuan judul, trimakasih informasinya

  5. Saya mahasiswi yang lagi skripsi,,,
    minta kuesioner yang berkaitan dengan “studi kebutuhan pengguna atas informasi dalam pelaporan keuangan daerah”
    makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s