Hade Dwi Kanti (SMKN 8 Jakarta) Juara 1 LKS Akuntansi Nasional 2009

Juara 1 sd Harapan 3 - LKS Akuntansi Nasional 2009

Juara 1 sd Harapan 3 LKS Akuntansi 2009

Setelah menunggu beberapa kali penyelenggaraan LKS Akuntansi Nasional, akhirnya kontingen Jakarta bisa menjadi Juara 1 yang sebelumnya selalu berada di antara tiga besar urutan teratas. Kontingen tersebut diwakili oleh SMK Negeri 8 Jakarta. Siswa tersebut adalah Hade Dwi Kanti (gambar nomor 1 dari kanan / berkerudung merah).

Pelaksanaan LKS Nasional Akuntansi 2009 kali ini sedikit ada perubahan dan penyegaran daripada pelaksanaan LKS sebelumnya. Pertama adalah dari jenis soal Akuntansi lebih kompetitif dan tidak terkesan copy dan paste dari soal-soal LKS sebelumnya. Sehingga banyak siswa yang tidak memprediksi bahwa soalnya akan seperti itu. Walhasil dari 33 kontingen tersebut tidak ada yang meraih nilai total diatas 84. Siswa tertinggi memperoleh nilai hanya berada di nilai 83 kebawah.

Pelaksanaan lomba di hari pertama (dari jam 08.30 sd 22.00) adalah : 

  • Pencatatan Jurnal Transaksi
  • Posting ke Buku Besar dan Buku Pembantu sampai Neraca Saldo
  • Penyelesaian Siklus Akuntansi dan Laporan Keuangan
  • Komputerisasi Akuntansi dengan MYOB Accounting versi 17

Pelaksanaan lomba di hari kedua adalah (09.00 sd 22.00) :

  • Presentasi dan tanya jawab dari undian materi presentasi yang telah diberikan. Setiap siswa diberikan waktu selama 15 menit untuk mempresentasikan materi yang telah didapatkan.
  • Grand Final 10 besar nilai terbaik dalam bentuk cerdas cermat / cepat tepat. 
10 Besar Finalis LKS Akuntansi Nasional 2009

10 Besar Finalis LKS Akuntansi Nasional 2009

Dari kesepuluh besar tersebut ternyata menggeser posisi. Kontingen Jakarta yang sebelumnya hanya berada di posisi ketiga, tetapi berkat cerdas cermat tersebut dan berhasil menjawab pertanyaan dari juri, maka dia naik ke peringkat pertama. Sementara urutan pertama dari kontingen Banten (SMK Negeri Pandeglang) tidak menjawab satu pertanyaan pun dari juri, akhirnya hanya masuk ke urutan 4. Urutan kedua sebelum cerdas cermat yaitu dari Kepulauan Riau (SMK Kartini Batam), sehubungan dengan tidak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh juri dan jawabannya dinyatakan salah, maka akhirnya niainya dikurangi hingga tidak masuk ke 6 besar.

Kontingen Jawa Tengah (Duwi Utami dari SMK Negeri 2 Temanggung) yang sebelumnya hanya berada di urutan ke 4, sehubungan menjawab beberapa pertanyaan dari juri saat cerdas cermat akhirnya bisa naik ke peringkat kedua.

Cerdas cermat tersebut menguji kemampuan para siswa dengan menunjukkan siapa yang berani ambil resiko dan berani menjawab pertanyaan dari para juri dengan konsekuensi kalau jawabannya salah maka akan dikurangi nilainya 10 point tetapi kalau jawabannya benar maka akan ditambah nilainya 10 point.

Pelaksanaan Lomba Akuntansi Praktek Manual 1

Pelaksanaan Lomba Akuntansi Praktek Manual 1

Pelaksanaan Lomba Akuntansi Praktek Manual 2

Pelaksanaan Ujian Akuntansi Praktek Manual 3

Pelaksanaan Ujian Akuntansi Praktek Manual 3

Tim Juri Memeriksa Hasil Ujian Praktek Akuntansi Manual

Tim Juri Memeriksa Hasil Ujian Praktek Akuntansi Manual

Tim Juri saat pelaksanaan adu Cepat Tepat (Cerdas Cermat)

Tim Juri saat pelaksanaan adu Cepat Tepat (Cerdas Cermat)

 

 

 

4 comments on “Hade Dwi Kanti (SMKN 8 Jakarta) Juara 1 LKS Akuntansi Nasional 2009

  1. semoga Hade kuliahnya(beasiswa dari LKS) juga berjalan lancar dan membawa nama baik smk 8 dan Berprestasi di Tempat kuliahnya…..
    dan tentunya hade bisa seperti itu karena bimbingan bu Rahmawaty (kaprog ak),miss Lina (Juara LKS AK THN 2004) dan guru-guru yang lain dan tak kalah pentingnya dukungan,arahan bahkan pelatihan dari bapak kepala sekolah.

  2. slamat ya bwd ka hade…. yg udah membuat harum nama smkn 8 jakarta……. apa kiat2nya ka??? q pngen deh berprestasi kyk kk…

    sukses ya ka!!!!!!!^.^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s