Suksesnya Implementasi Aplikasi Akuntansi

Bagi yang belum pernah mengoperasikan sebuah software akuntansi apapun, akan menganggap software akuntansi tersebut merupakan hal yang susah untuk dipelajari atau di implementasikan. Sehingga jika suatu aplikasi akuntansi tidak berhasil diterapkan didalam pekerjaan sehari-hari, menjadikan software tersebut sebagai kambing hitam atas kegagalan implementasi tersebut.

3Plus ImplementationKesuksesan implementasi sebuah aplikasi akuntansi jenis apapun akan berhasil jika di tunjang oleh 3+ faktor yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Ketiga faktor tersebut adalah :

  • Source Data Keuangan yang lengkap
  • SDM yang mumpuni
  • Software yang bebas BUG!
  • + Financial

Data keuangan yang lengkap terdiri dari Laporan keuangan periode sebelumnya yang lengkap dan dapat di telusuri. Data tersebut selain laporan neraca, juga pelengkapnya seperti perincian utang dan piutang serta perincian persediaan yang dimiliki oleh perusahaan

SDM yang mumpuni dan mau belajar hal baru serta beradaptasi dengan aplikasi baru yang akan digunakan nantinya. Banyak pengguna suatu aplikasi baru antipati terhadap aplikasi tersebut. Mereka beranggapan dengan adanya aplikasi baru tersebut akan membuat mereka harus belajar lagi dan menyesuaikan dengan kebiasaan kerja yang telah mereka anggap nyaman selama ini. Orang-orang tipe ini bisa dilihat dengan prestasi didalam pekerjaan mereka selama ini tidak begitu menonjol. Ciri-ciri orang semacam ini, adalah sudah berumur, tidak pernah naik jabatan, prestasi di perusahaan tidak menonjol, dan menganggap mereka yang paling berjasa karena menganggap dia paling senior di perusahaan tersebut dan tidak mau belajar hal baru (tidak suka tantangan).

SDM selain di Internal perusahaan , juga SDM seorang konsultan yang mendampingi pengguna dalam mengimplementasikan aplikasi tersebut ke dalam perusahaan. Selain konsultan yang mendampingi, seorang programmer juga menentukan sukses tidaknya pembuatan progam (jika program tersebut adalah kustomisasi). Kecanggihan programmer dan pengalaman membuat sebuah program menentukan cepat atau tidaknya suatu program selesai dibuat dengan meminimalisasi bug.

Software yang bebas BUG (kutu) atau meminimalisasi sekecil mungkin kesalahan program (BUG) yang mengakibatkan kesalahan laporan dan kerusakan data. Software yang bebas Bug biasanya terbukti dengan sudah banyak digunakannya di ratusan ribu jenis perusahaan dan sudah terbukti lama digunakan dan terdapat kemungkinan kecil bug tersebut. Biasanya software akuntansi yang dibuat berdasarkan pesanan (customise) di awal-awal implementasi (setahun pertama) akan seringkali mengalami kesalahan coding (programming). Hal ini perlu di maintain terus menerus dan rutin. Suatu kesalahan program bisa muncul sewaktu-waktu tanpa prediksi sebelumnya. Dengan semakin banyaknya pengguna yang menggunakan suatu aplikasi maka secara tidak langsung akan menjadi semakin banyaknya kelinci percobaan yang menguji kesalahan program. Semakin sedikit yang menggunakan aplikasi tersebut maka semakin besar kemungkinan kesalahan program akan muncul nantinya.

Satu saja dari ketiga komponen diatas tidak mendukung maka Anda akan merasakan pusingnya menyusun laporan keuangan dengan manual seperti sebelumnya. Selain tiga komponen diatas, ada faktur penentu lainnya sebenarnya dan itu umum dirasakan yaitu financial. Untuk mendatangkan sebuah aplikasi tentunya harus dianggarkan dengan pengeluaran sejumlah uang dari perusahaan. Harga software ada yang berkisar dari Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) sampai dengan software yang harganya hingga diatas 1 Miliar lebih. Jangan pernah berharap fasilitas software yang harganya Miliaran disamakan dengan fasilitas software yang harganya hanya jutaan atau puluhan juta  Rupiah. Ada pepatah : Ada Harga ada Barang. Memang betul adanya🙂

Jadi…. Kalau anda belum berhasil menerapkan aplikasi akuntansi dengan cepat, periksa dan cek kembali mana diantara 1 sd 3 kemungkinan diatas selain Financial perusahaan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s