Mencatat Penghapusan Piutang di MYOB

AR to ZeroPenghapusan Piutang (Bad Debt Expense) dan Penyisihan Piutang Tak Tertagih (Allowance for Bad Debts) adalah antisipasi pencatatan atas kerugian dikarenakan piutang perusahaan tidak bisa tertagih oleh beberapa sebab seperti perusahaan (customer) pailit/bangkrut, meninggal dan oleh sebab lainnya. Menurut teori akuntansi pencatatan atas piutang tak tertagih bisa dilakukan dengan 2 model pendekatan (Langsung dan Tidak Langsung). Dengan pendekatan metode langsung, maka tidak ada pencatatan dan perhitungan penyisihan piutang tak tertagih. Jadi akun Allowance for Bad Debt tidak dikenal di metode Langsung. Sedangkan Metode Tidak langsung, setiap akhir periode laporan keuangan, perusahaan akan menaksir berapa persen piutang yang tidak tertagih tersebut. Dari nilai taksiran tersebut akan dijurnal setiap akhir periode dengan jurnal :

  • Debit: Bad Debt Expense
  • Kredit : Allowance for Bad Debts

Saat sudah ada kepastian akan dihapuskannya piutang dikarenakan suatu sebab seperti keputusan pailit dari pengadilan, maka akan dijurnal :

  • Debit : Allowance for Bad Debts (Metode tidak langsung)
  • Kredit : Accounts Receivable

Metode Langsung :

  • Debit : Bad Debt Expense (Metode Langsung)
  • Kredit : Accounts Receivable

Untuk mencatat kejadian diatas di MYOB ada beberapa hal yang perlu dilakukan :

  • Taksiran Piutang Tak Tertagih : Tidak dicatat di metode langsung
  • Taksiran Piutang Tak Tertagih : dicata melalu menu Accounts> Record Journal Entry (Metode Tidak langsung)

Untuk mencatat penghapusan piutang dilakukan sebagai berikut :

  • Menu Sales> Enter Sales>
  • pilih Customer yang akan dihapuskan piutangnya
  • Layuout (bawah) pilih Service) lalu isikan data transaksi seperti nomor pembatalan dan tanggal penghapusan piutang
  • Description : isikan keterangan tentang penghapusan tersebut
  • Account : pilih Allowance for Bad Debt (metode Tidak Langsung) atau pilih akun Bad Debts Expense (metode Langsung), Amount : isikan dengan nilai MINUS. klik Record.

Write Off Receivables

  • klik Register (Sales Register)
  • pilih tab Return & Credit
  • sorot transaksi yang barusan dibuat dari Enter Sales tersebut
  • klik Apply to Sale
  • isikan tanggal dan nomor penghapusan piutang,
  • klik Record.

Write Off Receivables1Write Off Receivables2Write Off Receivables3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s