Transaksi Milyaran & Laporan Ratusan Triliun di MYOB? Jelas Bisa!

Banyak orang yang sudah pernah tahu MYOB, meng”klaim” bahwa MYOB tidak bisa mencatat transaksi dalam satu baris faktur pembelian maupun penjualannya hingga miliaran… Hal itu TIDAK BENAR. Karena dengan trik dan tips berikut ini anda bisa mencatat transaksi hingga miliaran di satu baris transaksi item yang anda beli maupun di jual.

Begitu juga anggapan kalau MYOB hanya bisa menampilkan laporan keuangan hingga ratusan juta saja, angka miliaran bahkan triliunan tidak bisa ditampilkan di Laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi. Hal tersebut tidak benar adanya. berikut ini beberapa contoh dan tampilan input transaksi penjualan dalam nilai miliaran rupiah dan laporan keuangan dalam ratusan triliun rupiah.

enter-sales-miliaranCaranya:
> letakkan kursor di baris (field) unit price maupun di amount
> tekan tombol spasi di keyboard
> akan dikeluarkan fasilitas bantuan Kalkulator
> isikan angka hingga miliaran rupiah
> tekan Enter

Silahkan dicoba!

Laporan Keuangan untuk MYOB Accounting versi 17/18 dan MYOB Premier versi 11/12 pun sudah bisa menampilkan dalam nilai Miliaran hingga Ratusan Triliunan Rupiah. Berikut contoh tampilan dari laporan tersebut :

19 comments on “Transaksi Milyaran & Laporan Ratusan Triliun di MYOB? Jelas Bisa!

  1. Salam,

    Wah luar biasa juga fungsi spasi nya. Tidak hanya berfungsi untuk mengkalkulasikan suatu nilai. Tapi bisa digunakan untuk pengisian nilai transaksi yang sampai milyaran.

    Terima kasih atas trik nya Pak Ali.

    Suatu informasi yang sangat membantu untuk para pengguna MYOB.

    Best regards,
    Nick

  2. Sultan, Sayangnya di blog ini tidak disarankan menggunakan bajakan, apalagi menyediakan versi bajakannya. Disarankan segera tobat dan gunakanlah yang versi original🙂

  3. apa bedanya antara kita menggunakan software MYOB original atau dengan bajakan ?
    sejauh mana yang tingkat ke akuratan nya pabila kita menggunakan software bajakan ?
    TErima Kasih,

  4. Pita,
    software bajakan dengan yg original isinya sama saja. yang membedakan adalah legal atau tidaknya pengguna software tersebut. Selama pengguna menggunakan bajakan maka rasa was-was terhadap kerusakan data, ketidak akuratan data, pemeriksanaan polisi dan lain-lain sangat tinggi. Yang jelas bajakan tidak ada jaminan keamanan baik pribadi, perusahaan maupun data perusahaan itu sendiri.
    Hari gini masih pakai BAJAKAN…!!! APA KATA DUNIAAA… hehehe….

  5. Dalam hal pelaporan, karena keterbatan kolom yg tersedia angka milyar tidak ditampilkan, apakah ada tips utk melebarkan kolom laporan

  6. Jputra, belum mencoba MYOB Accounting versi 17/18 atau MYOB Premier versi 11/12? semua yang anda ragukan tersebut akan sirna karena MYOB versi baru tersebut bisa menampilkan laporan hingga triliunan Rupiah.

  7. Pak Ali, saya sedang belajar Myob dari buku Myob 1 edisi kedua, saya minta file account myob revisi.txt, tuk coba import data

  8. Pak Ali, saya bner2 bingung neh.

    Dlm MYOB Premier 12 kan bisa multicurrency.

    Nah di bagian mana ada fitur transaksi ketika kita mau membeli Dollar.

    Misal saya mau membeli $1000, dengan bayar Rp 9.000.000,00 (kurs 1$= Rp9.000).

    Trims banget pak atas jawabannya!!!

  9. Ryan, supaya bisa multi currency, aktifkan duku fasilitasnya dr menu setup-preferences-system. Lalu buat mata uang asing, baru catat transaksi tersebut dr record journal entry atau spemd money atau receive money (pilih salah satu). Utk lebih jelasnya silahkan baca buku MYOB Accounting Premier edisi kedua+video.

  10. Pak Ali, pada setting Chart of Account sudah tersedia Link Account, fungsinya untuk apa? trus kalo mau di edit / dihapus koq ga bisa ya.. saya ingin membuat Custom Account tanpa Link. Trim’s

  11. Wah Pak Ali

    Tips yang sangat berguna sekali. Saya baru saja mulai menggunakan MYOB Acc 18. Saya lagi mencari-cari bagaimana cara membenahi angka milyar di Sales dan Purchase, ternyata ada disini.

    Tapi di laporan apakah ada cara untuk memperbesar columnnya ya?
    Setahu saya di versi2 sebelumnya column2 di laporan bisa di adjust seenak kita. Tapi ko di versi 18 ke lock semua ya nampaknya.

    Tolong bantuannya Pak, terima kasih.

  12. Pak Ali saya mau tanya, saya lagi belajar myob dengan menggunakan ref. buku bapak ” Myob Accounting 1 Edisi Kedua”

    Bagaimana melakukan pencatatan PPN keluaran dimana waktu faktur penjualan kita tetap mengakui sebagai PPN keluaran , akan tetapi nanti saat pelunasan dari customer kita hanya mendapatkan uang sebesar nilai DPP saja bahkan dipotong dengan PPh 22 sebesar 1,5% dari nilai DPP nya, sedangkan PPN nya tidak. Hal ini terjadi karena penjualan kepada pemungut PPN (Pemerintah) Mohon penjelasanya Pak Terimakasih

    Khairul Azzam
    Pekanbaru

  13. Pak Ali, saya mau bertanya…saya pakai MYOB 18, bagaimana cara melihat berapa Piutang/Hutang yg sudah Lunas dan bagaimana melihat sisa Hutang / Piutang perusahaan ? kemudian bagaimana jg untuk melihat pembayaran2 tersebut berdasarkan termin yg sudah disepakati. terimakasih..

  14. Kenmaria, untuk melihat sisa utang/piutang lihat dari menu : Reports – Sales – Reconciliation Detail/Summary. atau Reports – Purchases – Reconciliation Detail/Summary. Untuk melihat pembayaran tersebut berdasarkan termin yang sudah disepakati bisa dilihat dari menu To Do List – A/R atau A/P.

  15. Pak Ali, bagaimana mengganti company information untuk current financial year misal tahun 2012 mau diganti tahun 2011 padahal kita sudah melakukan pencatatan transaksi. mkasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s