Guru dan Siswa Dituntut Kuasai Program Akuntansi MYOB

Sumber : Harian Analisa

Medan, (Analisa)

Guru dan siswa SMK dan mahasiswa akuntansi di Kota Medan dituntut harus mampu menguasai program akuntansi MYOB. Pasalnya, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tahun 2010 telah mewajibkan uji kompetensi akuntansi MYOB diselenggarakan di sekolah-sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK).

Demikian disampaikan Direktur Lembaga Pendidikan Profesi (LDP) Indonesia Tetty Juliaty, SE MSi kepada wartawan di kantornya, Jalan T Amir Hamzah Blok B, Komplek Griya Riatur Medan, Rabu (14/4).

Dia menjelaskan, penguasaan akuntansi MYOB sangat diperlukan guna menunjang kinerja di perusahaan-perusahaan besar serta peningkatan sumberdaya manusia (SMK) khususnya yang bergerak di bidang akuntansi seperti SMK.

Namun, di Sumatera Utara, khususnya di Medan penerapan program ini baru segelintir sekolah saja yang melaksanakan. “Rendahnya penerapan disebabkan minimnya tenaga pendidik yang ahli dan menguasai program ini. Bahkan di Medan belum ada pemegang sertifikat MYOB,” ungkapnya.

Tetty yang juga Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi-Administrasi Perkantoran dan Sekretaris (LSP-APSI) Cabang Sumut mengaku selama ini SMK-SMK yang ada di Medan hanya mengajar secara manual tentang akuntansi. Untuk itu, dia mengajak guru, mahasiswa dan siswa yang bertaut di bidang akuntansi agar mengikuti Pelatihan Nasional Meningkatkan Kinerja Keuangan dengan MYOB Accounting dengan narasumber Ali Mahmudi pemegang MYOB Certified Consultant Indonesia-Jakarta, dan penulis buku MYOB terbaru versi 18.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kepada guru, mahasiswa dan siswa serta dosen terhadap perkem bangan akuntansi khususnya Kom puterisasi Akuntasi (MYOB Accounting) dimana hal ini telah diwajibkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Selain itu, tentunya sebagai modal untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional. Pelatihan digelar selama lima hari 19-23 April 2010 di STIE Harapan. Bagi yang berminat peserta dapat mendaftar ke LDP Indonesia Jalan T Amir Hamzah Blog B No 194 Medan.

Kearsipan Elektronik

Pemerhati masalah SDM ini menambahkan, LDP Indonesia juga menggelar seminar nasional “Kearsipan Elektronik (E-filing)”, 24 April 2010. Pelatihan ini mengajak dunia usaha dan industri serta pemerintahan untuk bekerja secara efisien, efektif dan aman.

Sistem arsip secara elektronik, katanya mampu memperlancar tugas kearsipan dengan lebih mudah, cepat dan efisien dan bisa menggunakan tempat sehemat mungkin. (maf)

2 comments on “Guru dan Siswa Dituntut Kuasai Program Akuntansi MYOB

  1. ya sharus na memang begitu …..
    karena murid harus bejar pada guru ……

    thanks buat guru smk n 1 liwa khususnya biu sulastri,pak ahyari,,,,,

    smk bisa …………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s