Peningkatan SDM Guru Akuntansi MYOB di Medan

Bertempat di Lab Komputer STIE Harapan Medan, guru-guru akuntansi di Sumatera Utara berlatih meningkatkan kemampuan pengoperasian aplikasi akuntansi komputer MYOB. Aplikasi akuntansi komputer MYOB merupakan salah satu materi pokok bidang kejuruan Akuntansi untuk tingkat SMK se Indonesia. Seluruh SMK-Akuntansi di Indonesia diwajibkan untuk mengajarkan aplikasi praktikum akuntansi dengan MYOB. Walaupun para guru-guru tersebut sudah cukup berumur namun perlu diacungi jempol dikarenakan semangat mereka untuk tetap meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya tersebut. Beliau-beliau belajar dengan penuh antusian dari jam 8.30 pagi hingga jam 16.30 sore selama 5 hari dari hari Senin, 19 April 2010 sampai dengan Jum’at, 23 April 2010. Selesai pelatihan mereka melakukan photo kenangan bersama bersama Ketua STIE Harapan, Wakil Ketua STIE Harapan, Instruktur MYOB Certified Consultant dan panitia penyelenggara pelaksanaan tersebut.

Materi yang diajarkan baru sebatas MYOB Accounting versi terbaru yaitu MYOB Accounting versi 18. Pembahasan praktikum perusahaan jasa dan dagang, pembahasan soal uji Lomba Kompetensi Siswa tingkat Nasional, dan soal evaluation MYOB level Basic di hari terakhir. Hasil evaluasi memang menunjukkan lulus dan tidaknya para guru-guru senior tersebut, tapi hasil akhir yang perlu di catat adalah mereka telah mengupgrade skill mereka dari guru yang hanya bisa mengajarkan akuntansi secara manual juga kelak akan pandai mengajarkan pula aplikasi akuntansi yang sudah tercatat secara sistematis dan terprosedur.

Semakin sering latihan maka akan semakin cepat bisa. Semoga juara-juara LKS Nasional mendatang bisa dilahirkan dari anak-anak Sumatera Utara berkat didikan para guru-guru tersebut. Tidak hanya juara LKS saja, tetapi juga semoga anak-anak SMK Akutansi se-Sumatera Utara semakin pandai dan mahir mengoperasikan aplikasi akuntansi komputer khususnya MYOB. Pelatihan ini juga sebagai langkah persiapan untuk pelaksanaan ujian nasional yang akan diterapkan pula ujian nasional akuntansi untuk komputer akuntansi-nya sesuai dengan kurikulum dari departemen pendidikan menengah atas.

Pelaksanaan pelatihan tersebut dalam waktu depan juga akan dilanjutkan untuk pelatihan MYOB tingkat Intermediate yaitu membahas tentang aplikasi akuntansi komputer MYOB Premier versi 12 atau yang terbaru nantinya. MYOB Premier khusus membahas tentang perhitungan laba rugi kurs, transaksi pembelian dan penjualan serta transaksi dengan multi mata uang (currencies) dan pencatatan transaksi secara multi users (3 users) sebagai simulasi praktikum kerja di departemen akuntansi nantinya.

2 comments on “Peningkatan SDM Guru Akuntansi MYOB di Medan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s