DKI Jakarta Juara Umum LKS SMK Nasional 18

Sumber :Depkominfo
Kominfo-Newsroom) Kontingen DKI Jakarta tampil sebagai juara umum dengan meraih 18 medali emas dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tahun 2010 di Arena PRJ Jakarta yang secara resmi ditutup oleh Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdiknas Suyanto, Minggu malam (16/5). Jawa Timur di peringkat dua dengan raihan sembilan emas.

Menurut Suyanto, pemerintah, dalam hal ini Kemendiknas RI, akan terus memberikan dukungan untuk mengembangkan SMK, termasuk menambah jumlah sekolah, murid dan meningkatkan kualitas gurunya. Juga memperkokoh kemitraan SMK dengan dunia industri melalui kerja sama yang saling memberdayakan. Pada lomba LKS SMK 2010 ini semakin terlihat dunia industri mempunyai rasa memilki terhadap apa yang dikompetisikan terkait dengan usaha bisnis mereka, katanya.

Dikemukakan bahwa Kemendiknas juga akan terus membangun imej SMK melalui berbagai pariwara di media massa. Dikatakan, ketika imej SMK semakin baik, maka dipastikan para orangtua akan berbondong-bondong untuk mendaftarkan anak-anaknya, sehingga sekolah alam leluasa memilih calon siswa yang tepat.

“Pendidikan itu kunci paling pentingnya adalah inputnya. Kalau calonnya baik, akan lebih mudah dididik, sebaliknya siswa juga akan mudah menangkap ilmu. Menurut saya, para calon siswa SMK sekarang semakin berkualitas dibanding kondisi tiga tahun lalu, katanya.

Ia menambahkan, dalam mengembangkan SMK, Kemendiknas juga terus bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam arti, akan membangun SMK dengan bidang kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan daerah.

Suyanto kemudian menyontohkan di Balikpapan ada sebuah SMK dengan 5.000 siswa. Untuk membangun sekolah itu, katanya, Kemendiknas dan pemerintah daerah menginvestasikan anggaran masing-masing sebesar Rp 20 miliar. “Jadi apabila pemerintah daerahnya memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan SMK, maka pemerintah pusat akan mendukung penuh dari belakang, katanya.

Suyanto menambahkan, menurut penilaiannya, saat ini SMK sudah menjadi kebanggaan para guru, orangtua dan siswa, karena kualitas SMK saat ini sudah membanggakan, demikian juga lulusannya bisa diandalkan untuk masuk ke pasar kerja atau mampu berusaha secara mandiri.

Dikemukakan, 10 tahun lalu, banyak sekolah mencari siswa untuk SMK, karena masih dianggap sebagai sekolah nomor dua, namun saat ini tidak lagi, karena SMK kini kewalahan menampung siswa lulusan SMP.

Lomba LSK SMK ke-18 Tingkat Nasional Tahun 2010 digelar 13-16 Mei 2010 dengan menggelar kompetensi 50 bidang lomba. Selain untuk mempromosikan SMK, lomba yang diikuti para siswa SMK terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia itu juga sekaligus menjadi ajang kompetisi bagi siswa untuk mempersiapkan diri sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah. Mereka diharapkan mampu bersaing di tingkat global.

Sementara itu Direktur Pembinaan SMK Joko Sutrisno mengatakan, para lulusan SMK diharapkan tidak hanya mencari kerja, melainkan dapat menciptakan kerja. Dia mengungkapkan, jika membandingkan antara lapangan pekerjaan yang tersedia dengan volume lulusan, maka saat ini tidak berimbang. Orang-orang beranggapan banyak lulusan yang menganggur karena missmatch.

“Missmatch itu asumsinya pekerjaan ada dan tidak bisa match dengan tenaga kerja yang tersedia. Sekarang banyak lulusan yang sudah pintar, tetapi tidak ada peluang pekerjaan. Kebijakan Kemendiknas adalah menggiring siswa SMK agar dapat menciptakan pekerjaan sendiri,” katanya.

Ia menambahkan, pola yang dilakukan agar siswa SMK dapat menciptakan pekerjaan sendiri di antaranya dalah melatih dengan kondisi yang nyata.

Pada pameran Teaching Industy yang digelar bersamaan dengan Lomba LKS SMK, siswa dikondisikan untuk berlatih berdagang, membuka bengkel, dan membuka restoran. Jadi LKS dan pameran ini menjadi bagian dari latihan para siswa SMK, sehingga nantinya akan lahir para wirausaha atau pencipta kerja muda usia,” katanya.

(T.Ad/ysoel)

Sumber : Poskota Online

JAKARTA (Pos Kota) – Dapat 18 Medali Emas. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Nasional ke XVIII 2010 dimenangkan DKI Jakarta. Sebanyak 18 medali emas, 10 perak dan 3 perunggu diraih DKI.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kemendiknas Suyanto mengatakan juara pertama dan kedua dari kompetisi ini akan dikirim ke Australia guna dilatih dan direkrut oleh pemerintah Australia.

Dirinya berharap, siswa SMK akan mampu meningkatkan inovasi dalam bidang teknologi. ”Pasalnya usia teknologi itu akan usang dalam jangka waktu tiga tahun,” katanya di acara penutupan LKS SMK XVIII di Kemayoran, Jakarta, Minggu malam (16/5).

LKS kali ini peringkat kedua diraih oleh kontingen dari Jawa Timur, ketiga Jawa Tengah dilanjut dengan Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selataan, dan Kepulauan Riau. (Dieni/ir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s