Confirm Company File (Read Only)!

Setelah Anda membeli produk MYOB secara legal, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya nama perusahaan Anda terdaftar sebagai pengguna MYOB yang legal yaitu:

  1. Mendaftarkan data (nama dan alamat) perusahaan Anda dengan cara mengisi form registrasi yang telah disediakan didalam buku manual MYOB.
  2. Membuat File Baru untuk menampung seluruh data akuntansi perusahaan Anda
  3. Mengaktifkan File yang sudah dibuat agar dapat digunakan untuk mencatat transaksi lebih dari waktu yang di batasi oleh versi trial (30 hari)
  4. Secara berkala Anda diminta untuk mendaftarkan ulang (konfirmasi) data file perusahaan anda. Hal ini diminta setahun 2 kali (umumnya setiap 4 sampai 9 bulan sekali). waktunya diacak oleh sistem MYOB.

Konfirmasi diperlukan untuk memverifikasi bahwa data file yang anda gunakan adalah data file yang legal dan syah. Selain itu konfirmasi juga melindungi pembeli MYOB yang syah dari pencurian nomor seri yang digunakan oleh perusahaan lain. Kadangkala tidak sampai 4 – 9 bulan, data file MYOB tiba-tiba meminta konfirmasi lagi. Hal ini disebabkan tanggal setting bios komputer Anda tidak sesuai dengan tanggal yang up to date (tanggal sekarang). Atau data MYOB pernah dibuka oleh tanggal komputer yang mundur atau terlalu maju dari tanggal sekarang. Konfirmasi data file perusahaan ini hanya diminta untuk file yang sudah pernah di aktivasikan.

confirm-myob-1-help

Menu Help di MYOB Premier

Untuk melihat apakah file Anda sudah pernah diaktivasikan atau belum bisa dilihat dari menu Help – About MYOB Premier. Di jendela tersebut ditampilkan file yang Anda gunakan adalah file yang sudah diaktivasikan dengan urutan aktivasi file yang kesekian kalinya (Company File ID : 1). Satu nomor seri hanya bisa digunakan untuk diaktivasikan sebanyak 5 kali.

confirm-myob-2-help

Help About MYOB Premier - Company File ID

Konfirmasi file bisa dilakukan secara otomatis (tanpa ada pesan untuk dilakukan konfirmasi) atau bisa juga dilakukan secara manual yaitu Anda akan diberikan peringatan 14 hari sebelum hari jatuh tempo pelaksanaan konfirmasi. Untuk menentukan hal tersebut bisa ditetapkan dari menu Setup – Preferences – Security – I Prefer to Use Automated Online Company File Comfirmation [System wide]. Disarankan untuk tidak mengaktifkan pilhan ini, jadi konfirmasi dilakukan secara manual saja.

Preferences - Security - Warning to Confirm Online

Preferences - Security - Warning to Confirm Online

Biasanya 14 hari sebelum waktu konfirmasi terakhir MYOB memberikan warning dan menampilkan pesan dengan munculnya jendela Confirm Your Company File.

Anda bisa melakukan konfirmasi file secara online dengan internet (sebelumnya firewall harus di set OFF), atau konfirmasi bisa dilakukan secara manual yaitu dengan cara menelepon customer servis MYOB Asia di jam kerja. untuk meyakinkan data anda tidak ter-block oleh firewall : masuk ke internet explorer lalu ketikkan di page : https://confirmation.myob.com

MYOB Confirm Company File Online
MYOB Confirm Company File Online

Konfirmasi by Email :

Kirimkan email ke : cs.myob@myob.com.sg dengan menyertakan informasi tentang:

  • Nomor Seri MYOB yang telah dimiliki
  • Varian MYOB dan versi yang digunakan (misal : MYOB Premier versi 12)
  • Nama Perusahaan yang terdaftar (diisi) didalam Form Registrasi MYOB
  • Alamat Perusahaan
  • Company File ID yang akan diaktifasikan (dilihat dari menu Help – About MYOB….). Company File ID yang tertera setelah membuka menu Help – Confirm Company File – Confirm by Phone

Dengan informasi diatas, customer service MYOB Singapore akan membantu Anda dengan membalasnya via email.

5 comments on “Confirm Company File (Read Only)!

  1. Bagus sekali , moga-moga untuk jawaban MYOB_Indonesia (Milist), akan ada di blog ini beserta gambarnya (screenshoot) ke depannya, agar lebih mudah dimengerti

  2. Abdi, diharapkan seperti itu. Yang suah dibahas di milist MYOB Indonesia rencananya akan di sarikan dalam bentuk gambar supaya lebih jelas dan pengguna MYOB di Indonesia semakin happy…🙂

  3. Setelah saya beli myob, saya dibantu retailernya untuk mendaftarkan company file, nah masalah muncul ketika saya mendelete file tersebut dan membuat file baru lagi (dengan nama PT yang sama) kenapa ya kok diminta activate file company lagi padahal nama PTnya sama?apa yang harus saya lakukan?

  4. setuju dengan di atas (a.n. olimpico)

    bagaimana jika kita sudah beli MYOB ASLI tetapi ketika membuat file baru karena file lama mungkin di setting 12 periode sedangkan ingin mengubah ke 13 periode kan tentu harus membuat file baru dari awal lagi, nah permasalahan ini muncul dengan sangat tidak enak sekali yaa..

    saya pernah di kirimi email dari pihak MYOB.sg bahwa intinya adalah terdapat kode untuk tiap file, jika kita ingin membuat file baru dikenakan biaya tambahan untuk aktivasi, MYOB menawarkan biaya untuk 3 file seharga SGD 59, atau 5 file seharga SGD 100.

    rupanya proteksi MYOB untuk mencegah penggunaan produk untuk banyak perusahaan dengan cara seperti ini, yaitu hanya dibatasi satu file yang dikenali kodenya, namun cukup repot juga jika memang hanya satu perusahaan yang ingin membuat beberapa file, tidak seperti software *maaf sebut merk gapapa ya biar JELAS, misalnya Ms.Word kan kita beli software aslinya tapi kita bisa membuat sangat banyak sekali file word yang berektensi *.doc atau *.docx

    tidak seperti MYOB ini, yang hanya benar-benar dibatasi untuk satu file saja, apakah tidak repot jika kita kehilangan file yang hanya satu itu atau dengan alasan apapun kita ingin membuat file baru, padahal kan kita sudah membeli produk MYOB secara legal dan ASLI, dan produknya pun kita daftarkan secara online atas nama perusahaan yang satu.

    sebelum saya diminta perusahaan untuk menggunakan MYOB, saya tanyakan terlebih dahulu kepada manajernya “apakah bapak serius mau pake MYOB untuk perusahaan ini?” itu pertanyaan saya ke manajer, jika saya bertanya seperti itu, tentu ada “sesuatu” dengan MYOB ini, dan ternyata benar yaa..banyak sekali permasalahannya..mungkin sudah banyak yang tahu.

    sekian dari saya,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s